Natal-Tahun Baru, Tiket KA Ludes

  • Whatsapp

jabartoday.com/web
jabartoday.com/web
JABARTODAY.COM – BANDUNG — Seperti Idul Fitri, pada momen Natal dan Tahun Baru pun kerap terjadi peningkatan volume penumpang. Hal itu terjadi pada jasa angkutan kereta api. Buktinya, tiket KA, khususnya keberangkatan dari Bandung ke wilayah timur, seperti Surabaya, Malang, Semarang, Solo, Yogyakarta, Kutoardjo, dan lainnya, terjual 100 persen.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 2 Bandung, Zunerfin, mengiyakan, bahwa tiket KA rute arah timur laris manis. “Benar. Tiket keberangkatan dari Bandung ke arah timur, hingga 28 Desember 2015, habis terjual. Yang masih tersedia adalah keberangkatan pada 29 Desember 2015-3 Januari 2016,” tandas Zunerfin di tempat kerjanya, Rabu (23/12).

Dikatakan, tiket-tiket yang terjual 100 persen itu tidak hanya KA komersial, seperti Lodaya dan Harina. Akan tetapi, sambung dia, juga termasuk tiket KA ekonomi, yang keberangkatannya dari Stasiun Kiaracondong Bandung. Menurutnya, pihaknya menjamin seluruh penumpang memperoleh tempat duduk. Pasalnya, terang dia, pihaknya memberlakukan load factor 100 persen pada setiap gerbong. “Pada momen Natal 2015 dan Tahun Baru 2016, kami menyiapkan 70 keberangkatan dan sekitar 5.000 tempat duduk setiap harinya,” ujar Zun, sapaan akrabnya.

Meski demikian, ungkap Zun, pihaknya tetap berupaya mengakomodir kebutuhan para penumpang pada momen akhir tahun ini. Caranya, tutur pria berkumis ini, pihaknya menyiapkan 1 rangkaian KA tambahan arah timur. Yaitu, ucapnya, mengoperasikan KA Lodaya Malam tambahan jurusan Bandung – Solo dan sebaliknya pada 22-25 Desember 2015 untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada momen Natal 2015.

Guna menjaga keamanan dan kenyamanan perjalanan, pada momen Natal 2015 dan Tahun Baru 2016, mulai 20 Desember 2015, pihaknya pun memberlakukan pembatasan barang bawaan (bagasi), yang bisa dibawa penumpang ke dalam gerbong. Diutarakan, pihaknya membolehkan para penumpang membawa barangnya maksimal berbobot 20 kilogram. Apabila ada kelebihan bobot barang bawaan, pihaknya menganjurkan para penumpang supaya melakukan pengiriman melalui bagasi khusus. (ADR)

Related posts