NAMARIN Jalin Kemitraan Strategis dengan ReCAAP

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM –  SINGAPURA

Lembaga Swadaya Masyarakat  The National Maritim Indonesia (NAMARIN) telah menjalin kerjasama  kemitraan strategis dengan LSM Internasional The Regional Cooperation Agreement on Combating Piracy and Armed Robbery against Ships in Asia (ReCAAP).

ReCAAP merupakan lembaga yang memiliki konsern pada tindakan pemberantasan terhadap berbagai usaha perompakan atau pembajakan bersenjata terhadap kapal-kapal yang melintas di jalur Asia. Sedangkan Namarin adalah LSM nasional yang memiliki konsern atas berbagai isu strategis mengenai kemaritiman, khususnya di Indonesia.

Menurut Direktur NAMARIN Siswanto Rusdi, di Singapura (10/8) menjelaskan, kerjasama kedua lembaga tersebut meliputi bebebrapa kegiatan seperti pertukaran informasi, kerjasama riset kemaritiman, seminar,  workshop, hingga training-training lainnya.

“Kami menyambut baik hubungan ini, demikian pula dari pihak ReCAAP yang diwakili oleh Ibu Lee Yin Mui Wakil Direktur ReCAAP  dan bapak Chinmoy Das Mohapatra (perwira Coast Guard India),” jelas Siswanto Rusdi seusai pertemuan di Singapura Jumat (10/8).

Dalam pertemuan kedua lembaga itu juga sempat dibahas berbagai masalah keamanan maritim beserta hal-hal yang menyebabkan kerawanan di dalamnya.

Lee Yin Mui berusaha memberikan pandangannya seputar tugas-tugas lembaganya dalam usaha memerangi para perompak dilaut. ”  Pengamanan laut, terutama terhadap kapal-kapal yang berlayar ditengah laut tidak bisa hanya dipikirkan dan diselesaikan sendiri-sendiri, namun perlu dukungan dan partisipasi dari semua negara yang notabene memiliki wilayah laut,” jelas Lee Yin Mui. [far]

 

Berita Terkait