Lima Bank, Partner Baru Program JARING

Wapres Jusuf Kalla (kedua kiri), didampingi Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Muliaman D Hadad (kedua kanan), Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (kanan) dan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (kiri) memukul gendang menandai diluncurkannya secara resmi Program Jangkau, Sinergi dan Guideline (Jaring) di Pantai Boddia, Takalar, Sulsel, Senin (11/5). (ANTARA FOTO/Ismar Patrizki)
Wapres Jusuf Kalla (kedua kiri), didampingi Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Muliaman D Hadad (kedua kanan), Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (kanan) dan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (kiri) memukul gendang menandai diluncurkannya secara resmi Program Jangkau, Sinergi dan Guideline (Jaring) di Pantai Boddia, Takalar, Sulsel, Senin (11/5). (ANTARA FOTO/Ismar Patrizki)

JABARTODAY.COM-MALANG. Selain kedelapan bank pelopor yang telah berkomitmen untuk meningkatkan realisasi pembiayaan pada sektor KP pada 2015, saat ini terdapat penambahan lima Bank Partner baru yang ikut bergabung dengan program JARING 2015, yaitu PT BCA, Tbk, PT Bank Maybank Indonesia, Tbk, PT Bank CIMB Niaga, PT Bank Sinarmas, Tbk dan PT BPD Jawa Timur, Tbk.

Deputi Komisioner Pengawas Perbankan 3 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Irwan Lubis menjelaskan, keikutsertaan beberapa bank partner yang baru ini sejalan dengan target jangka menengah-panjang mulai tahun 2016, antara lain memperluas pembiayaan ke seluruh sektor maritim, antara lain mencakup jasa kelautan, transportasi laut, bangunan kelautan, dan industri maritim.

“Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan sejak peluncuran Program JARING mencakup monitoring realisasi kredit baru Bank Partner ke sektor kelautan dan perikanan, pertukaran informasi antara OJK, KKP dan Bank Partner, pelaksanaan focus group discussion (FGD) di Jakarta pada awal November 2015 mengenai strategi mitigasi risiko bisnis sektor kelautan dan perikanan dalam upaya memetakan permasalahan dan solusi untuk memajukan sektor kelautan dan perikanan, serta penyusunan Grand Design program JARING,” jelas Irwan.

Irwan mengungkapkan, selain melalui peningkatan pertumbuhan penyaluran pembiayaan, JARING juga dilaksanakan melalui kegiatan untuk lebih membuka akses keuangan di sektor kelautan dan perikanan melalui sinergi dengan Pelaku Jasa Keuangan, khususnya di wilayah yang memiliki potensi sektor kelautan dan perikanan. Otoritas Jasa Keuangan bersama Kementerian Keluatan dan Perikanan akan menyelenggarakan kegiatan JARING 2015 di Dusun Sendang Biru, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

“Sendang Biru dikenal sebagai salah satu wilayah penghasil ikan tuna terbesar di Jawa Timur dan memiliki potensi menjadi penghasil ikan tuna terbaik, dari sisi kuantitas dan kualitas. Tantangan dalam pengelolaan potensi wilayah Sendang Biru saat ini adalah keterbatasan fasilitas coldstorage yang didukung sumber daya listrik serta bahan bakar nelayan yang memadai serta keterbatasan akses terhadap produk dan layanan Lembaga Jasa Keuangan yang dapat mendorong pengembangan usaha,” tuturnya.

Ia menambahkan, kegiatan program JARING di Desa Sendang Biru Malang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai potensi bisnis kelautan dan perikanan, khususnya di Pantai Sendang Biru, Malang dan memperluas akses masyarakat terhadap produk dan layanan dari lembaga jasa keuangan melalui program LAKU PANDAI, peluncuran produk simpanan dari beberapa Bank Partner, dan pengenalan produk asuransi nelayan dalam rangka mengembangkan bisnis kelautan dan perikanan agar tumbuh dan berdaya saing.

“Ruang Lingkup Kegiatan JARING di Desa Sendang Biru Malang yaitu penyerahan Perjanjian Kredit Bank Partner kepada Debitur Sektor KP, Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara KKP dengan OJK, Peluncuran produk jaring Bank Partner, danĀ  Penyediaan Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (LAKU PANDAI) bagi Masyarakat Sendang Biru. Produk-produk yang disediakan dalam program ini adalah tabungan dengan karakteristik Basic Saving Account (BSA) yang dilaksanakan oleh BRI, BNI, Bank Mandiri, dan Bank Bukopin,” ujarnya. (rus)

Related posts