Saturday , 6 June 2020
Home » Bandung Raya » Lakukan Rumputisasi di Pemakaman

Lakukan Rumputisasi di Pemakaman

Istimewa
Istimewa

JABARTODAY.COM – BANDUNG Seluruh pemakaman di Kota Bandung tidak boleh lagi menggunakan semen dan beton. Khusus pemakaman umum yang dikelola Pemerintah Kota Bandung, permukaannya harus menggunakan rumput.

Sekretaris Dinas Pemakaman dan Pertamanan Kota Bandung Dadang Iriadi mengatakan, pihaknya sedang melakukan rumputisasi di 13 tempat pemakaman umum. “Kita sedang punya program rumputisasi. Nanti cuma pakai rumput dan nisan ukuran 20×30 cm,” jelas Dadang, di Balai Kota Bandung, Selasa (29/11).

Makam itu, sambung Dadang, masuk lingkup ruang terbuka hijau (RTH). Tahun ini, RTH Kota Bandung berpotensi sebesar 12,30 persen. Sedangkan tahun 2015, RTH Kota Bandung berada di angka 12,15 persen. “Itu merupakan komitmen kita untuk terus menambah ruang terbuka hijau,” imbuh Dadang.

Selain di pemakaman, pengelolaan RTH oleh Diskamtam Kota Bandung juga dilakukan terhadap pohon-pohon yang ada di seluruh wilayah kota. Tercatat, setidaknya ada 300.000 pohon di Kota Bandung, dan 10 persen di antaranya pohon-pohon perlu perhatian khusus. “Pohon yang mati kita tebang, yang terlalu tinggi kita potong dahannya,” ujar Dadang. (koe)