KPU Kuningan Akan Kembali Gelar LCCKD

  • Whatsapp
Endun Abdul Haq, Ketua KPU Kuningan (Foto: kuninganmedia.com)

JABARTODAY.COM – KUNINGAN

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan bakal kembali menggelar Lomba Cerdas Cermat Kepemiluan dan Demokrasi (LCCKD) antar SMU/SMK/MA sederajat se-Kabupaten Kuningan. Hal itu terungkap saat rapat persiapan di aula KPU setempat, Selasa kemarin (10/4). Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua serta Anggota KPU, Sekretaris, Kasubbag dan seluruh staf pelaksana KPU Kabupaten Kuningan.

Ketua KPU Kuningan Endun Abdul Haq MPd kepada Kuningan News, Rabu (11/4) mengatakan, KPU memiliki kewajiban untuk memberikan penjelasan dan pemahaman tentang pemilu dan proses demokrasi bagi seluruh lapisan masyarakat. Pihaknya berharap dengan adanya kegiatan LCCKD tersebut secara massif dan sistematis dapat menjadi sarana untuk memberikan pemahaman yang cukup kepada masyarakat, khususnya generasi penerus bangsa sebagai pemilih pemula untuk siap mensukseskan pemilu yang akan datang.

“Kami berharap LCCKD bisa bermanfaat bagi pemilih pemula, termasuk para guru PKn yang tersebar di 67 SMA/SMK dan MA se-Kabupaten Kuningan,” harap Endun.

Dikatakan Endun, lomba tahun ini terdapat perbedaan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Perbedaan tersebut antara lain adanya beberapa perubahan yang terkait dengan materi kepemiluaan dan demokrasi, seiring dengan perubahan undang-undang pemilu.

“Perubahan itu antara lain UU No 15 tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu, UU No 2 tahun 2011 tentang Partai Politik serta pengetahuan umum seputar perkembangan pemilu terkini,” kata Endun.

Anggota KPU Kuningan dari Divisi Hukum Hamid MH menambahkan, pada LCCKD tahun ini akan diuji pula mengenai pemahaman siswa dan mengenai materi empat pilar berbangsa dan bernegara yang meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka tunggal Ika dan NKRI. “Rangkaian kegiatan LCCKD sendiri direncanakan akan dimulai pada 10 April hingga 2 Mei 2012 mendatang,” terang Hamid.

Sementara, anggota KPU Kuningan Divisi Sosialisasi dan Diklih Hj Heni Susilawati menuturkan, pihaknya akan memberikan warna baru pada LCCKD tahun ini dibandingkan dengan sebelumnya. Puncak acara pemberian tropi dijadwalkan bersamaan dengan Upacara Hardiknas di Lapangan Pandapa Paramartha, 2 Mei 2012.

“Pemenang lomba akan memperebutkan piala bergilir Bupati Kuningan yang tahun sebelumnya berhasil diraih oleh MAN Ciawigebang,” ungkap Heni, yang juga ketua pelaksana kegiatan LCCKD.

Lebih jauh Heni menjelaskan, KPU Kabupaten Kuningan tahun lalu telah sukses menggelar LCCKD yang diikuti 32 peserta dari SMA/SMK dan MA se-Kabupaten Kuningan. “Kami berharap tahun ini LCCKD dapat diikuti oleh lebih banyak peserta dan semoga dapat berlangsung dengan lebih sukses dari tahun sebelumnya,” harap Heni. (muh)

Berita Terkait