Thursday , 21 November 2019
Home » Politik » Guru PKn Ujung Tombak Sosialisasi Pilgub

Guru PKn Ujung Tombak Sosialisasi Pilgub

Pemilihan Gubernur Jawa Barat

JABARTODAY.COM – BANDUNG

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung terus berupaya meningkatkan peran serta masyarakat dalam dalam pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) Jabar 2013 mendatang. Kali ini berupa workshop Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Pemilu dan Pemilukada Bagi Guru-guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) se-Kota Bandung.

 

“Guru PKn merupakan agen potensial dalam menyosialisasikan Pemilu dan Pemilukada pada pemilih pemula. Mereka menempati posisi sangat strategis dalam peningkatan peran serta masyarakat dalam Pemilu dan Pemilukada, khususnya kepada pemilih pemula yang kebanyakan dari siswa SMA dan sederajat,” kata Ketua KPU Kota Bandung Apipudin di Hotel Amaroosaa, Jalan Aceh, Rabu (24/10).

 

Apipudin berharap acara tersebut dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai materi kepemiluan bagi guru-guru PKn se-Kota Bandung. Sehingga, kepemiluan dapat menjadi pengayaan kurikulum mata pelajaran PKn di sekolah.

 

“Melalui workshop ini diharapkan informasi kepemiluan dapat disampaikan kepada siswa-siswa SMA sederajat sebagai pemilih pemulu,” ujar Apipudin.

 

Appipudin menambahkan, acara juga mendorong terwujudnya suasana kondusif bagi penyelenggara pemilu dan pemilukada di Kota Bandung yang aman, tertib, dan lancar. “Jika hal tersebut terjadi, dipastikan mampu meningkatkan angka partisipasi pemilih Kota Bandung pada pemilu dan pemilukada yang akan datang,” tandasnya.

 

Workshop ini diikuti oleh 70 guru PKn se-Kota Bandung. Sebagai pembicara hadir Dekan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Karim Suryadi dan anggota KPU Bandung Evie Ariadne Shinta Dewi. (AVILA DWIPUTRA)