Innalillahi…Mantan Ketua Umum Persis KH Aceng Zakaria Wafat

 

 

Almarhum KH.Aceng Zakaria ( foto: persis.org)

JABARTODAY.COM, GARUT – – Kaum muslimin di Indonesia kembali berduka karena kehilangan ulama. Allah Ta’ala memanggil hamba-Nya yang sholeh, ulama besar penuntun dan pencerah ummat , KH Aceng Zakaria dalam usia 74 tahun di Garut Jawa Barat, Senin malam (21/11/2022).

 

Sebagaimana diketahui bahwa almarhum Kyai Aceng Zakaria pernah diamanahi sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Islam (Persis) 2015-2022 itu wafat di Rumah Sakit Intan Husada, Garut, Jawa Barat.

 

Sosok KH Aceng Zakaria adalah seorang ulama pejuang yang istiqamah sampai akhir hayatnya. Dalam Muktamar Persis  XVI pada Oktober 2022 yang lalu di Bandung, ia memutuskan untuk tidak bersedia dipilih lagi. Beliau sudah menyiapkan penerusnya, yaitu Dr. Jeje Zainuddin.

 

KH Aceng bukan saja dikenal sebagai aktivis organisasi, tetapi juga seorang ulama, pemimpin pesantren, pejuang dan sekaligus penulis produktif. Meski tidak pernah mengenyam pendidikan formal di Timur Tengah, namun Kyai Aceng memiliki penguasaan Bahasa Arab yang mumpuni. Dari 103 judul bukunya, 33 judul ditulis dalam Bahasa Arab. Beberapa diantara bukunya termasuk kategori best seller, seperti  al-Hidayah fi Masaaili Fiqhiyyah al-Muta’aridhah, al-Muyassar fi Ilmi al-Nahwi, dan al-Kaafi fi Ilmi al-Sharfi.

 

Beberapa jabatan yang pernah dipegang oleh KH Aceng, diantaranya pimpinan Pondok Pesantren Persis 99 Rancabango, ketua Bidang Garapan Pendidikan Pimpinan Pusat Persatuan Islam, ketua BKSPPI Kabupaten Garut, penasihat ICMI Kabupaten Garut, dan ketua STAI PERSIS Garut.

 

KH Aceng dimakamkan di pemakaman tanah wakaf Persis dekat Pondok Pesantren Rancabango Garut pada Selasa (22/11/2022). Dalam postingan video di media sosial, ribuan orang mengantarkan almarhum KH.Aceng Zakarian ke peristirahatan terakhir.

 

Allahummaghfirlahu warhamhu wa’aafihi wa’fu’anhu. [ ]

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *