Jumlah PNS Masih Kurang

Kompleks Pemkab Bandung Barat (istimewa)
Kompleks Pemkab Bandung Barat (istimewa)

JABARTODAY.COM – BANDUNG  Banyaknya pegawai negeri sipil (PNS) yang memasuki masa pensiun, ditambah tidak tiap tahun diselenggarakan penerimaan PNS, membuat Pemerintah Kabupaten Bandung Barat kehilangan 200 orang PNS.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Barat Maman S Sunjaya menyebut, dari 200 PNS yang pensiun setiap tahunnya, 150 diantaranya merupakan guru. ’’Yang paling banyak pensiun itu guru. Makanya, kita sangat kekurangan jumlah PNS di sini,” kata Maman, di Ngamprah, Kamis (1/9).

Solusinya, pemerintah merekrut banyak guru honorer untuk mengajar para siswa. Sebab, jika harus menunggu, tidak tiap tahun pemerintah pusat membuka lowongan CPNS. ’’Terakhir beberapa waktu lalu kita menerima 500 PNS baru. Itu juga masih kurang karena tidak sebanding dengan jumlah yang pensiun tiap tahunnya,” ungkap Maman.

Secara total, Pemkab Bandung Barat kekurangan 2.000 PNS. Pasalnya, bukan hanya untuk menjadi tenaga guru, para pegawai itu akan ditempatkan di beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD), kecamatan, dan unit pelaksana teknis (UPT). ’’Jumlah PNS secara total dengan guru ada sekitar 9.000 orang. Khusus yang bertugas di lingkungan Pemkab Bandung Barat berjumlah 1.160 PNS. Idealnya ada tambahan 2.000 PNS lagi,” paparnya.

Dalam rangka mengisi kekurangan tersebut, Pemkab putuskan merekrut tenaga kerja kontrak (TKK) yang bertugas membantu para pejabat di tiap SKPD. ’’Saat ini jumlah TKK mencapai 2.116 TKK. Perekrutan TKK sesuai dengan kebutuhan,” sahut Maman.

Maman juga mengklaim, kinerja TKK tidak kalah baiknya dengan PNS. Pasalnya, sejumlah kegiatan yang sudah diprogramkan masing-masing dinas ikut dibantu TKK untuk pelaksanaan di lapangan. (dva)

Related posts