James T Riady Sarankan Pemerintah Fokus Pada Pendidikan

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM.:JAKARTA- Pengusaha nasional James T Riady menyarankan agar pemerintah Indonesia betul-betul serius dalam mengembangkan sumber daya manusia melalui pendidikan yang terencana, terukur, dan mampu melahirkan manusia yang berkarakter kuat serta memiliki semangat entreprenuership.

Hal itu disampaikan James T Riady saat menjadi pembicara seminar nasional bertopik, “Merindukan Negarawan” yang diselenggarakan Ikatan Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA-UII) Yogyakarta di Jakarta, Kamis (24/5) di Hotel Grand Melia.

James yakin dengan pendidikan yang baik, Indonesia akan menjadi negara besar yang kuat. “negeri ini sangat kaya sekali dengan sumber daya alamnya yang melimpah, sekarang ini kita mengalami ketertinggalan dari sisi kualitas sumber daya manusianya, karena itu pemerintah mesti serius dalam mengurus pendidikan, terutama karakter anak-anak kita,” tegasnya.

James mengkritik soal pendekatan  pendidikan yang  dilakukan dengan pendekatan politik. Misalnya soal pemilihan  calon menteri pendidikan yang seringkali diambil dari kelompok-kelompok besar seperti dari NU atau Muhammadiyah. Praktik seperti itu menurut James tidak sehat, karena pertimbangannya lebih politis ketimbang profesional.

“Mestinya pendidikan itu dikelola oleh orang yang betul-betul mengerti tentang soul pendidikan itu sendiri, jangan karena pertimbangan politis,”jelasnya.

Kenapa pendidikan tidak diserahkan kepada orang-orang IKIP yang mengerti betul dunia pendidikan itu. Mereka lanjut  James, lebih menjiwai bagaimana pendidikan itu mesti dibangun.

Namun James juga mengkritik soal kenapa di Indonesia tidak ada IKIP yang memiliki kualitas atau skala internasional. [far]

 

 

Berita Terkait