Saturday , 6 June 2020
Home » Bandung Raya » Jaga Lingkungan dengan Bersepeda

Jaga Lingkungan dengan Bersepeda

Ratusan sepeda yang diberikan PT Pertamina tersimpan di Balai Kota Bandung, Jumat (25/11). (jabartoday/eddy koesman)
Ratusan sepeda yang diberikan PT Pertamina tersimpan di Balai Kota Bandung, Jumat (25/11). (jabartoday/eddy koesman)

JABARTODAY.COM – BANDUNG Sekretaris Daerah Kota Bandung, Yossi Irianto menerima rombongan pengantar 290 sepeda bantuan CSR dari PT Pertamina (Persero) di Plaza Balaikota Bandung, Jumat (25/11).

Rombongan tersebut diantar oleh beberapa perwakilan dari siswa SMP, Dinas Perhubungan Kota Bandung, Dinas Pendidikan Kota Bandung, camat, serta komunitas sepeda.

Yossi mengatakan, 290 sepeda bantuan CSR dari PT Pertamina menjadi inspirasi yang cukup baik dalam mengurangi polusi udara. “Dengan menggunakan sepeda, maka kita bisa mengurangi polusi yang terjadi di Kota Bandung,” ujarnya, usai menerima rombongan pengantar sepeda.

Yossi mengungkapkan, setiap pekan kota ini didatangi turis asing maupun lokal, maka pencemaran udara semakin banyak. Oleh karena itu, sebagai warga Bandung perlu menjaga lingkungan agar terhindar dari polusi, salah satunya bersepeda. “Dengan bersepeda, aktivitas kita bisa terjamin. Selain berolahraga, juga menjaga lingkungan,” kata Yossi.

Di tempat sama, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Didi Ruswandi menyatakan, pemberian 290 sepeda itu yang kedua dari badan usaha milik negara tersebut. Sebelumnya, telah ada pemberian 162 sepeda. “Dengan bantuan tersebut, diharapkan siswa SMP di Kota Bandung bisa menggunakan sepeda. Dengan bersepeda ke sekolah, secara tidak langsung mereka mengampanyekan peduli lingkungan,” tutur Didi.

Dikatakan Didi, Kota Bandung sudah sering didatangi masyarakat luar menggunakan kendaraan bermotor, sehingga polusi yang ada semakin banyak. Maka, Dishub terus mensosialisasikan kepada masyarakat betapa pentingnya menjaga lingkungan dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor berpindah menggunakan sepeda.

“Semoga program bike to school dan bike to work, bisa berlanjut. Apabila kita mengurangi penggunaan kendaraan, udara di Kota Bandung akan semakin sejuk,” pungkas Didi. (koe)