Home » Bandung Raya » Jabar Bebas Daging Glonggongan

Jabar Bebas Daging Glonggongan

daging sapiJABARTODAY.COM – BANDUNG

Naiknya kebutuhan berbagai komoditi, sangat mungkin, dimanfaatkan pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Sebagai contoh, pada setiap momen Idul Fitri, karena kebutuhan sejumlah komoditi meningkat, seperti daging, tidak jarang, momen itu menjadi peluang untuk meraup keuntungan meski melalui cara licik.

Umpamanya, mencampurkan daging sapi segar dengan daging jenis lainnya, seperti daging celeng. Atau, membuat daging sapi glonggongan. Tentunya, aksi-aksi tersebut sangat merugikan masyarakat.

Berkenaan dengan hal tersebut, publik di Jawa Barat dapat bernafas lega. Pasalnya, di Jabar, sejauh ini, tidak terdapat informasi mengenai peredaran daging celeng atau daging glonggongan pada pasar-pasar tradisional. “Kami terus melakukan pengawasan berkaitan dengan peredaran daging, tidak hanya sapi, tetapi juga ayam,” tandas Kepala Dinas Peternakan Jabar, Dody Firman, Jumat (25/7/2014).

Dody mengemukakan, pengawasan itu tidak hanya berkenaan dengan peredaran daging celeng atau glonggongan. Akan tetapi, lanjut dia, pihaknya pun terus memonitor mengenai higienitas daging. “Alhamdulillah, hingga kini, kami tidak menerima adanya laporan mengenai kandungan penyakit dalam daging. Insya Allah, daging yang beredar di Jabar kondisinya aman dan sehat,” tutur penyuka kucing tersebut. (ADR)