Ini Salah Satu Rencana PT KAI 2017

jabartoday.com/net
JABARTODAY.COM – BANDUNG — Demi menjaga sekaligus meningkatkan kinerja bisnis, memasuki 2017, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan beberapa rencana. Di antaranya, menggenjot angkutan barang.
“Meningkatkan angkutan barang adalah salah satu upaya dan langkah kami menjaga kinerja bisnis. Selama ini, komposisi antara angkutan barang dan penumpang 49:51.Artinya, 49 persen berupa angkutan barang, 51 persen penumpang,” tandas Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, pada sela-sela kunjungannya di Stasiun Kiaracondong, belum lama ini.
Edi mengemukakan, tahun ini, pihaknya ingin mengubah komposisi angkutan itu. Keinginannya, cetus Edi, yang saat itu didampingi Kepala PT KAI daerah Operasional (Daop) 2 Bandung, Saridal, menjadi 60 persen angkutan barang dan 40 persen penumpang.  Menurutnya, hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan dan laba, meskipun, misi utama PT KAI adalah memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat.
Soal laba, Edi menyebutkan, tahun ini, pihaknya tetap menargetkan pertumbuhan walau tidak besar. “Laba 2016, menunggu RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham). Kami belum dapat menyebutkannya. Laba 2015, sebesar Rp 1,2 triliun,”  ungkap Edi.
Pada tahun ini pun, imbuh Edi, pihaknya mengemban tugas yang tidak ringan, yaitu merealisasikan beberapa proyek pemerintah. Di antaranya, seru Edi, proyek KA Bandara Soekarnohatta, LRT Palembang, Rute Minahasa, dan jalur Makasar-Pare Pare. “Kami mencermati secara saksama, bagaimana proyek-proyek itu dapat bergulir tahun ini,” pungkas Edi.  (win) 

Related posts