In Memoriam Darso

  • Whatsapp

 

Darso saat menghibur ribuan kader PKK di Kota Baru Parahyangan akhir Juni lalu. (NAJIP HENDRA SP/JABARTODAY)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Dunia seni Jawa Barat berduka. Penyanyi pop Sunda Hendarso atau yang akrab dipanggil Darso meninggal dunia pada Senin (12/9) pukul 14.30 WIB di Rumah Sakit Umum Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Darso meninggal dunia akibat serangan jantung setelah melaksanakan aktivitas kecil di sekitar rumah anak pertamanya, Asep Darso, di Kampung Mulyasari, Desa Gandasari, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung.

“Beliau tidak merasa sakit apapun. Meski begitu, sebelumnya beliau punya penyakit diabetes, hanya penyakit itu sudah sembuh,” ujar Asep kepada wartawan yang menemuinya di rumah duka tadi sore.

Sekitar pukul 13.30, imbuh Asep, penyanyi yang mendapat julukan Michael Darso Si Raja Pop Sunda itu sempat jatuh pingsan sebelum akhirnya dilarikan ke rumah sakit. Seniman okem ini sempat siuman sebentar sebelum kemudian mengalami kejang-kejang.

“Waktu kita bawa ke rumah sakit pun dokter yang merawatnya seperti sudah pasrah bahwa beliau tidak akan lama lagi dan sampai sekarang, pihak rumah sakit ataupun dokternya tidak memberi tahu kami apa penyebab beliau meninggal,” kata Asep.

Si cikal sempat mendapatkan firasat aneh sebelum almarhum meninggal dunia. Beberapa waktu sebelumnya, Darso sempat meminta dibuatkan beberapa pondasi guna membangun saung atau rumah kecil. Hanya saja, keinginannya tersebut ditunda karena Asep menyarankan lebih baik dibangun di lain waktu saja.

“Sehari sebelumnya, bapak (Darso) sempat manggung di Soreang dan beliau sama sekali tidak merasakan sakit apapun. Makanya, kami pun merasa terpukul dengan kepergian beliau,” ujarnya.

Mendiang Darso meninggalkan enam anak dari dua istri, Annisa yang meninggal dunia terlebih dahulu dan Lina istri keduanya. Sepanjang karir bermusiknya Darso sukses membawakan tidak kurang dari 300 lagu.(ant/njp)

Related posts