Home » Hukum » Imigran Gelap di Jabar Meningkat

Imigran Gelap di Jabar Meningkat

rri.co.id

JABARTODAY.COM – PADALARANG

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Barat mengadakan rapat koordinasi dengan Direktorat Jendral Imigrasi Kemenkumham, terkait pengawasan pencari suaka dan pengungsi di wilayah Jabar di Hotel Mason Pine, Kota Baru Parahyangan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (27/11).

Berdasarkan data Dirjen Imigrasi, setiap tahunnya jumlah imigran dan pengungsi meningkat. Pada 2009 sebanyak 3020 orang, 2010 per Oktober 4450 orang, 2011 sebanyak 6253 orang, dan kemungkinan akan terus meningkat.

“Dari tahun ke tahun jumlah imigran di wilayah Jawa Barat terus meningkat,” tutur Dirjen Imigrasi, Bambang Irawan, di sela kegiatan.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Jabar, I Wayan Kusmiantha Dusak, mengatakan, saat ini para imigran ditampung di penginapan Cisarua Lembang.

“Memang untuk sementara ini mereka ditampung di penginapan Cisarua, karena belum ada penampungan khusus Imigran,” tukasnya.

Dusak mengharapkan Pemerintah Provinsi Jabar segera menyediakan tempat penampungan khusus para imigran tersebut. “Kedepannya harus ada penampungan khusus para Imigran ini,” imbuhnya. (AVILA DWIPUTRA)