Ikapi Jabar Gelar Pameran Buku di 26 Kab./Kota

  • Whatsapp
Salah satu agenda kegiatan pameran Ikapi Jabar, Islamic Book Fair yang digelar Mei lalu. (ISTIMEWA)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Kabar Gembira bagi pecinta buku di daerah. Rencananya, mulai 2013 mendatang, Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Jawa Barat akan menggelar pameran buku di 26 kabupaten dan kota secara rutin. Kegiatan itu bertujuan agar penyelenggaraan pameran buku tidak hanya terpusat di Kota Bandung.

Ketua Bidang Promosi Buku Ikapi Jabar, Ir. H. Sembodo, mengungkapkan, keinginan untuk lebih memeratakan gerakan peningkatan minat baca masyarakat di seluruh kabupaten dan kota di Jabar menjadi dasar digelarnya pameran buku di luar Kota Bandung.

“Kami mengakui, penyelenggaraan pameran buku yang digelar oleh Ikapi Jabar memang masih terpusat di Kota Bandung. Dalam setahun, di Kota Bandung digelar tiga pameran buku yaitu Pesta Buku Bandung, Islamic Book Fair, dan Pameran Buku Bandung. Sementara di luar Kota Bandung, pelaksanaan pameran buku jarang dilakukan alias hanya sesekali saja. Pameran buku yang pernah dilakukan di luar Bandung antara lain di Kota Cirebon dan Kabupaten Garut,” kata Sembodo, Jum’at (21/9).

Menurut Sembodo, ke depan, Ikapi Jabar akan mengagendakan pameran buku di daerah dalam agenda program kegiatan tahunan. Dengan begitu, Ikapi bisa memiliki komitmen yang kuat untuk merealisasikan agenda itu.

“Jika menghitung seluruh kabupaten dan kota di Jabar, maka dalam sebulan pameran buku digelar di dua kabupaten/kota. Tentu itu memerlukan persiapan matang. Untuk penyelenggara kegiatan misalnya, harus ditunjuk SDM yang memang mengetahui betul seluk-beluk penyelenggaraan pameran buku,” ujarnya.

Sembodo menambahkan, untuk menggebyarkan pameran buku di luar Kota Bandung, pada November mendatang Ikapi Jabar juga akan menggelar pameran buku di Kampus Unpad Jatinangor, Sumedang. (DEDE SUHERLAN)

Related posts