Idul Fitri, Faktor Muat Travel Justru Turun

  • Whatsapp

travelJABARTODAY.COM – BANDUNG

Biasanya, pada momen seperti Idul Fitri, kerap terjadi peningkatan permintaan dan kebutuhan. Hal itu pun, biasanya, terjadi pada sektor angkutan. Pasalnya, ada tradisi yang berlangsung pada momen itu, yaitu mudik.

Akan tetapi, ternyata, momen Idul Fitri 2014 tidak terlalu berpengaruh pada load factor.¬† “Cenderung tidak terlalu ramai, kang. Soalnya, konsumen travel adalah kalangan pekerja,” tukas Ketua Himpunan Pengusaha Travel Kota Bandung, Andrew Arristianto, Jumat (1/8/2014).

Andrew meneruskan, pada momen  Lebaran kali ini, justru load factor turun. Pada kondisi normal, ujarnya, rata-rata load factor mencapai 80 persen. Namun, sambung dia, pada momen Idul Fitri 2014, rata-rata sebanyak 60 persen.

Menurutnya, banyak hal yang membuat load factor melemah. Di antaranya, selain konsumennya para pekerja, tidak sedikit para pemudik yang menggunakan moda lain. Lalu, tambah dia, ada pula yang menggunakan kendaraan pribadi, utamanya, sepeda motor.

Meski begitu, Andrew menyatakan, biasanya, pasca momen arus mudik dan balik Idul Fitri, kondisinya kembali normal. Itu karena, jelas dia, aktivitas kembali berlangsung seperti biasa. (ADR)

Related posts