Idul Adha, KA Tambahan Disiapkan

jabartoday.com/net
jabartoday.com/net

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Pada momen-momen tertentu, terlebih bertepatan dengan long weekend, kerap terjadi peningkatan dalam sektor apa pum, tidak terkecuali transportasi. Kemungkinan besar, load factor penumpang kereta api dari dan ke Bandung pun mengalami kenaikan, berkenaan dengan libur Idul Adha 2016, yang juga bertepatan dengan long weekend.

“Perkiraan kami, pada libur Idul Adha tahun ini, terjadi kenaikan volume penumpang. Itu karena Idul Adha tahun ini berlangsung Senin, 12 September,” tandas Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) daerah Operasional (daop) 2 Bandung, Franoto Wibowo, Selasa (6/9).

Melihat kondisi itu, lanjut Bowo, sapaan akrabnya, pihaknya melakukan sejumlah persiapan dan upaya-upaya antisipasi kemungkinan terjadinya kenaikan volume penumpang. Di antaranya, ungkap Bowo, mengoperasikan KA tambahan Argo Parahyangan. Penambahan jadwal keberangkatan itu,  tuturnya, berlangsung Senin (12/9) sebamyak 3 kali, yaitu pukul 04.00, 11.00, dan 20.55. “Tapi, khusus keberangkatan 20.55, pengoperasiannya pun berlangsung 18 dan 25 September,” sambungnya.

Menurutnya, berdasarkan data, pada 5 dan 10 September tahun ini, pada liburan Idul Adha 2016, kenaikan penumpang mulai terasa Jumat, 10 September. “Bahkan, pada Jumat, 10 September, load factor penumpang kereta menuju timur, rata-rata 100 persen, ” tutup Bowo.   (ADR)

Related posts