Hujan Deras, Hindari Daerah Aliran Sungai

Banjir cileuncang kerap terjadi di sejumlah wilayah Kota Bandung. (jabartoday/avila dwiputra)
Banjir cileuncang kerap terjadi di sejumlah wilayah Kota Bandung. (jabartoday/avila dwiputra)

JABARTODAY.COM – BANDUNG Kepala Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung Ferdi Ligaswara mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap potensi bencana di musim penghujan sekarang ini. Terlebih dengan adanya peristiwa banjir yang menelan korban jiwa di kawasan Setiabudi, beberapa waktu lalu.

Ferdi juga meminta  warga tak beraktivitas di daerah aliran sungai, saat terjadi hujan deras. “Kami minta warga untuk lebih berhati-hati. Seperti tak bermain di sekitar daerah aliran sungai atau kali, berhati-hati saat menyeberangi jembatan di daerah luapan air, ” imbau Ferdi, di Kantor DPPK Kota Bandung, Rabu (26/10).

Dalam rangka mengoptimalkan pencegahan bencana, pihaknya melakukan pendekatan partisipatif dan kolaboratif, termasuk dengan melibatkan 15.600 relawan terlatih. “Kami tentu terus bekerja selama 24 jam, untuk mengantisipasi kasus kecelakaan,” ujar Ferdi.

Ferdi juga mengimbau, agar pengguna jalan tetap waspada saat hujan deras, terlebih dengan potensi pohon tumbang atau reklame roboh. Serta, memerhatikan kondisi lingkungan, seperti bangunan liar yang berada di bantaran kali, dan meminimalisir penyumbatan sedimentasi saluran air, karena aksi buang sampah sembarangan.

“Secara geografis, Bandung itu cekungan, sehingga lahan-lahan kritis harus diperhatikan. Untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan, kami minta warga untuk lebih berhati-hati,” ucap mantan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bandung tersebut. (vil)

Related posts