HME ITB Selenggarakan Simposium Mitigasi Bencana

  • Whatsapp
abdulmanan/itb.ac.id

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Himpunan Mahasiswa Elektroteknik (HME) ITB mengadakan simposium bertema Teknologi Mitigasi Bencana. Bertempat di Ruang TVST 82, simposium ini diselenggarakan pada Sabtu (24/11) .

Simposium ini diselenggarakan sebagai wadah bertukar pikiran dalam mencari cara-cara terbaik untuk mengantisipasi bencana alam. Kegiatan ini juga merupakan salah satu dari rangkaian acara Search for Managing the Disaster Risk (SEMAR) yang diselenggarakan oleh HME ITB

Simposium ini dibuka dengan sambutan oleh ketua HME ITB Dera Hafiyyan Supriyo Suromo (Teknik Elektro 2009) dan perwakilan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Isman Justanto. Acara kemudian dilanjutkan dengan penampilan tari Saman dari mahasiswi-mahasiswi HME ITB.

Empat tim finalis kompetisi ide Disaster Risk Reduction (DRR) akan mempresentasikan idenya pada sesi pertama. Tiga tim dari ITB dan satu tim dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) akan mempresentasikan idenya pada 70 audiensi yang menghadiri kegiatan ini.

Sesi kedua diisi dengan talk show mengenai mitigasi bencana. Talk show ini mengundang Hadianto dari Jakarta Rescue dan Endang dari Rotary Club sebagai narasumber. Jakarta rescue merupakan organisasi kemanusiaan yang biasa berperan di bagian operasional dalam proses penyelamatan pascabencana. Sedangkan Rotary Club Bandung Kota Kembang merupakan organisasi kemanusiaan yang biasa berperan di bagian logistik dalam proses penyelamatan pascabencana. Yacob Wifred (Teknik Elektro 2011) berperan sebagai moderator untuk talk show ini.

Acara berikutnya adalah analisis denah yang dibawakan oleh Bandung Disaster Study Group (BDSG). Pada sesi ini, peserta simposium diminta untuk menganalisis struktur ruang TVST 82. Peserta harus menganalisis tempat dimana mereka harus menempatkan diri jika terjadi bencana di ruangan tersebut. Sesi ini ditutup dengan presentasi hasil analisis dari peserta simposium.

Acara terakhir dari simposium ini adalah gala dinner yang diselenggarakan di Siete Cafe. Pada kesempatan ini juga diumumkan pemenang dari kompetisi ide DRR yang berhasil diraih oleh tim dari UMY. Gala dinner ini sekaligus menutup rangkaian acara SEMAR yang diselenggarakan oleh HME ITB. (Abdul Manan/itb.ac.id)

Related posts