Hasil Quick Count Puskaptis Terbukti Paling Akurat

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM – JAKARTA

Lembaga survei  Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) terbukti menjadi lembaga yang paling akurat dan presisi dalam pelaksanaan hasil hitung cepat (Quick Count) Pilkada DKI Jakarta putaran dua. Kegiatan hitung cepat yang merupakan kerjasama antara Puskaptis dengan Jak-TV itu telah menunjukkan hasil yang nyaris sama dengan  hasil perhitungan manual yang dilakukan oleh KPUD DKI Jakarta.

Direktur Eksekutif Puskaptis, Husin Yazid mengatakan, hasil rekapitulasi perhitungan suara Pilgub DKI Jakarta oleh KPUD Jakarta menunjukkan bahwa perolehan suara Jokowi-Ahok 53,83%  sedangkan  Fauzi-Nara 46,18%.

Sementara itu  hasil Quick Count Puskaptis yang dilakukan atas kerjasama dengan Jak-TV perolehan suara  Jokowi-Ahok 53,50% sedangkan  untuk  Fauzi-Nara 46,50%

“Selisihnya untuk Jokowi-Ahok hanya terpaut 0,13 persen, sedangkan untuk pasangan Fauzi-Nara 0, 32 persen. Ini berarti hitungan lembaga kami sangat akurat dan bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah,” jelas Husin Yazid di Jakarta, Sabtu (29/9).

Husin menyatakan  sangat berterima kasih kepada seluruh tim Puskaptis dan Pihak Jak-TV yang telah bekerja sama dengan baik sehingga menghasilkan karya berupa metode hitung cepat  yang akurat dan presisi.

“Saya sangat senang dengan kerja sama yang baik ini, artinya metodologi yang kami gunakan sangat akurat, semoga dimasa mendatang akan semakin baik lagi,” harap pria yang juga seorang dosen ini.

Seiring dengan semakin akuratnya hasil hitung cepat, serta sejalannya hasil dengan perhitungan manual, Husin melihat ada perubahan persepsi yang sangat signifikan dalam masyarakat.  Menurutnya,  teknologi dan metode  hitung yang semula diragukan kebenarannya, kini semakin diterima masyarakat sebagai metode yang diyakini kebenarannya.

“Sejauh kita disiplin menjalankan metodologi riset, saya yakin hasilnya akan sama dengan perhitungan manual, begitu pula sebaliknya,” tegas pria asal murah senyum ini menegaskan.

Jak-TV Sangat  Bangga

Sementara itu Produser  Current Issue dan Talkshow  Jak-TV, Irfan mengaku sangat bangga bekerja sama dengan Puskaptis yang telah berhasil menampilkan hitung cepat (quick count) Pilkada  DKI Jakarta dengan validitas  yang sangat tinggi.

“Terus terang saya sangat bangga bisa menyuguhkan sajian hitung cepat Pilkada DKI secara sangat valid dan meyakinkan, saya merasa telah memberikan sajian informasi yang terbaik untuk masyarakat pemirsa kami,” tutur Irfan dengan nada semangat.

Irfan menjelaskan, sejak Pilkada putaran pertama DKI Jakarta, pihak Jak_TV dan Puskaptis memang berkomitmen penuh  untuk disiplin pada metodologi riset. “Alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan kita semua, ini berbeda sekali dengan lembaga-lembaga survei lain yang juga bekerja sama dengan stasiun tv, hasilnya kami lebih unggul,” tegasnya. [far]

Berita Terkait