Garap Blok Laut Jawa, BUMD Jabar Butuh 70 Juta Dolar AS

jabartoday.com/net
jabartoday.com/net

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Ternyata, Jabar memiliki potensi sumber energi, semisal minyak bumi dan gas bumi (migas) yang cukup potensial. Ini terlihat pada adanya penggarapan migas di Blok Laut Jawa Jabar atau Blok Offshore North West Java (ONWJ). Sayangnya, sejauh ini, Jabar belum terlibat secara langsung dalam penggarapan blok tersebut. Padahal, tatar Pasundan memiliki sebuah lembaga BUMD yang bergerak dalam bidang migas, yaitu PT Minyak Bumi dan Gas (Migas) Hulu Jabar.

“Pada 2017, kami berencana untuk turut ambil bagian dan memperoleh Participating Interest (PI) atau hak dan kewajiban kontraktor migas di Blok ONWJ. Rencana itu bertepatan dengan usainya kontrak pengelolaan ONWJ saat ini,” tandas Direktur PT Migas Hulu Jabar, Begin Troys, dalam Focus Group Discussion (FGC) Konsolidasi BUMD Jabar untuk PI ONJW di Hotel Aston Pasteur, Jalan Dr Djundjunan Bandung, belum lama ini.

Begin mengemukakan, pihaknya punya kesempatan memperolah PI ONWJ yang cukup terbuka. Dasarnya, jelas dia, pada 2017, pemerintah menambah kepemilikan saham di blok tersebut menjadi 73 persen. Sejauh ini, kata dia, pemerintah memiliki 58 persen saham di blok Laut Jawa Jabar tersebut. Hal dasar lainnya, sambung Begin, pemerintah menunjuk PT Pertamina untuk menengelolanya.

Lalu, bagaimana dengan Pemerintah provinsi (Pemprov) Jabar? Begin menegaskan, pihaknya sudah memperoleh dukungan Gedung Sate. Bahkan, sahut dia, Pemprov Jabar meminta jajarannya supaya segera mengajukan alokasi anggaran guna merealisasikan rencana tersebut sehingga pemprov dapat memasukkannya dalam pembahasan APBD Jabar Tahun Anggaran 2016.

Begin mengutarakan, untuk memperoleh hak PI di Blok ONWJ, pihaknya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Menurutnya, setidaknya, jajarannya harus mengantungi dana hampir Rp 1 triliun, tepatnya 70 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau melebihi Rp 910 miliar. “Benar. Nilainya memang besar. Tapi, manfaat Blok itu juga besar karena punya potensi besar. Kami punya. Blok ONWJ mampu menghasilkan minyak sekitar 40 ribu barel per hari dan gas 176 juta kubik kaki feet per hari. Apabila kami turu ambil bagian di Blok tersebut, manfaatnya sangat besar,” papar Begin.

Sisi lain, tentang konsolidasi dengan 4 BUMD Pemkab di Jabar, Begin menyatakan, setidaknya, ada 3 strategi yang tersepakati. Yakni, beber Begin, sosialisasi sekaligus menyamakan persepsi dengan BUMD milik 4 Pemkab. Lalu, katanya, mendirikan¬† badan bersama dan menyinergikan langkah-langkah guna merealisasikan rencana pengajukan hak PI kepada pemerintah pusat. “Terakhir, menyiapkan sejumlah strategis bisnis, finansial, termasuk aspek legal,” tutupnya. (ADR)

Related posts