Home » Bandung Raya » FFF, Cara Cepat Entaskan Kemiskinan

FFF, Cara Cepat Entaskan Kemiskinan

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memberikan penjelasan mengenai Family for Family, program pengentasan kemiskinan, di Pendopo Kota Bandung, Senin (23/1). (humas pemkot bandung)

JABARTODAY.COM – BANDUNG Di tahun 2017 ini, Pemerintah Kota Bandung fokus mengentaskan kemiskinan dengan jalur cepat. Salah satunya yang disiapkan selain anggaran, juga dengan partisipasi masyarakat, melalui sistem Family for Family atau satu keluarga mapan mengasuh keluarga yang pra-sejahtera. Hal itu disampaikan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Pendopo Kota Bandung, Senin (23/1), di sela persiapan peluncuran inovasi berbasis digital dalam mengentaskan kemiskinan.

Pria yang akrab disapa Emil ini, mengungkapkan, dengan sistem FFF ini, 60.000 keluarga yang tidak mampu akan didata serta dicatat dalam database digital oleh relawan, sehingga pada saat ditampilkan di situs akan menampilkan profil lengkap kekurangan sebuah keluarga tidak mampu yang dapat menjadi acuan bagi keluarga mampu yang akan mengasuhnya. “Dengan kecanggihan teknologi digital digabung masalah sosial dapat mengentaskan masalah kemiskinan mendukung kolaborasi yang sudah dilakukan pemerintah,” jelas Emil.

Berkaitan dengan besarnya nilai bantuan, Emil menjelaskan, setelah dihitung, diperkirakan untuk jangka waktu paling cepat yaitu 1 tahun, sebuah keluarga tidak mampu membutuhkan sekitar Rp 10 juta-Rp 15 juta. “Jadi, bila nanti ada kebutuhan materi dengan angka nominal tertentu untuk dibelikan suatu penunjang usaha keluarga yang tidak mampu akan dibelanjakan melalui relawan FFF, sehingga benar-benar diserap sesui kebutuhan,” ujarnya.

Mengakhiri keterangannya, Emil mengungkap, laman FFF ini akan diluncurkan pada Februari 2017. “Februari ini akan diluncurkan dan bisa diakses langsung oleh masyarakat. Untuk namanya kenapa pakai bahasa Inggris, karena akan dibawa ke dunia. Jadi nantinya bila ada donatur dari luar negeri bisa mendonor juga,” pungkasnya. (koe)