Fasilitasi Bonek, Pelajaran Berharga

Wakil Ketua DPRD Kota Bandung Edwin Senjaya

JABARTODAY.COM – BANDUNG Wakil Ketua DPRD Kota Bandung Edwin Senjaya mengaku mendapat pelajaran berharga dari perilaku para suporter Persebaya Surabaya, yakni Bonek, yang ditampung di SOR Pajajaran oleh Pemerintah Kota Bandung.

Tata krama mereka dalam menerima kebaikan tuan rumah, sangat disesalkan politisi Partai Golkar tersebut. Sebab, berdampak pada kerusakan sarana umum dan properti perorangan. “Perilaku itu (niat baik-red), perlu dikaji ulang, terutama kalau ada kegiatan seperti manampung suporter,” ujar Edwin, di Gedung Parlemen Kota Bandung, Senin (9/1).

Dalam kesempatan sama, Edwin turut prihatin atas tragedi yang menimpa Bonek. Karena, sambung Edwin, tidak seharusnya fanatisme menjadi membabi buta, yang pada akhirnya berbuntut korban.

“Sekali lagi saya katakan, ini pelajaran berharga dalam memfasilitasi suporter sepak bola. Maka, kita menjadi tahu, selalu ada perilaku menyimpang saat mereka berkumpul tanpa arah yang jelas,” tukas Edwin.

Berdasarkan pantauan, ditemukan banyak pedagang yang dijarah oleh oknum suporter tersebut. Rata-rata, pedagang mengalami kerugian hingga Rp 5 juta. Sementara, untuk kerugian para pedagang yang berjualan di sekitar SOR Pajajaran yang hilang rata-rata adalah makanan, minuman, gas elpiji, rokok, hingga baju laundry. (koe)

Related posts