Friday , 6 December 2019
Home » Headline » Facebook (Masih) yang Terbaik di Asia

Facebook (Masih) yang Terbaik di Asia

gravitateonline

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Media sosial Facebook masih menjadi situs favorit masyarakat di berbagai belahan dunia. Situs pertemanan tersebut ditemani juga oleh Google dan Youtube, sebagai situs paling banyak dibuka oleh pengguna internet. Itu berdasarkan statistic browser Opera Mini, didalamnya juga memaparkan, bahwa kombinasi ketiga situs ini terus berulang di tiga domain teratas di mayoritas negara.

Facebook tetap menjadi domain nomor satu di kebanyakan negara, yaitu 16 dari 25 negara Asia,” ujar Communications Manager Opera Software ASA Indonesia, Agnes Agastia, di sebuah cafe di Jalan Sumur Bandung, Rabu (12/9).

Hanya saja, seperti dijelaskan Agnes, di dua negara, yaitu Cina dan Jepang, memiliki situs berbeda dari yang telah disebutkan di atas. Di Jepang sendiri, Facebook versi mereka memiliki keunikan tersendiri, yaitu sebagai ajang pencarian jodoh. Hal itu juga didasari kebijakan pemerintah, serta bahasa yang berbeda.

Facebook juga situs yang paling banyak dibuka di Indonesia, setelahnya adalah situs pencari Google, di bawahnya menyusul situs video terkemuka Youtube. Sedangkan, tempat orang bercuit alias Twitter menempati posisi setelah Youtube. Statistik tersebut berdasarkan para pengakses browser Opera Mini/Mobile di ponsel mereka.

Suasana Media Meet-Up di salaha satu cafe di Bandung, Rabu (12/9). (AVILA DWIPUTRA/JABARTODAY.COM)

Perangkat ponsel yang digunakan di kawasan Asia Pasifik juga mengalami perubahan, makin banyak orang yang menggunakan smartphone atau telepon pintar. Di beberapa negara seperti Indonesia, pengguna Opera Mini/Mobile di smartphone, meningkat lebih dari 460% sejak Juli 2011. Menjelang Juli, jumlah pengguna Opera Mini/Mobile meningkat lebih dari 205,7 juta dalam basis global. Angka ini mewakili pengguna unik tiap bulan dari angka yang diperoleh server Opera Mini/Mobile.

“Dibandingkan Juli 2011, Opera Mini atau Opera Mobile mengkombinasikan pertumbuhan sebesar 43 persen dalam setahun,” tambah Agnes.

Dalam catatan tersebut juga disebutkan pengguna telepon pintar Blackberry terbesar, ada di Korea Selatan dan Jepang. Yang mengejutkan, Timor Leste masuk ke dalam daftar pengguna Blackberry terbanyak di Asia. Sedangkan Indonesia sendiri, mayoritas masih menggunakan ponsel buatan Finlandia, senada dengan beberapa negara Asia lainnya. (AVILA DWIPUTRA)