DPRD Minta Lakukan Kajian Bersama

Ketua Komisi D DPRD Kota Bandung Achmad Nugraha
Ketua Komisi D DPRD Kota Bandung Achmad Nugraha

JABARTODAY.COM – BANDUNG DPRD Kota Bandung meminta Dinas Pendidikan Kota Bandung segera melakukan kajian bersama terkait naskah akademik dalam revisi atau perubahan Peraturan Daerah (Perda) No 15/2008 tentang Penyelenggaraan Pendidikan. Mengingat, pada 2017 mendatang, kewenangan pengeloaan pendidikan menengah dan kejuruan sudah dilimpahkan ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Ketua Komisi D DPRD Kota Bandung Achmad Nugraha menilai, naskah akademik yang diajukan ke Badan Pembuatan Peraturan Daerah (Bapperda) harus jelas, baik maksud dan tujuannya.

Selain itu, apakah perubahan dilakukan secara menyeluruh atau parsial. “Kemarin, Bapeperda menyatakan, bila naskah akademik harus dilakukan lebih lanjut dalam bentuk kajian bersama dengan Komisi D dan Disdik,” ujar Achmad, di Gedung Parlemen, Selasa (22/11).

Namun, sejauh ini Disdik Kota Bandung belum memberikan kesiapan waktu untuk melakukan hal tersebut. Sehingga, dirinya meminta pada dinas terkait segera melakukan pembahasan bersama. “Apakah arahan bahasannya nanti dalam disesuaikan dengan peraturan baru, salah satunya UU No 23/2014 atau terkait kewenangan tingkat SMA yang sudah tidak ada lagi, kita harus lihat nanti,” lanjut politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tersebut.

Jika ada perubahan, Komisi D menginginkan beberapa poin penting tetap tercakup dalam Perda terkait. Di antaranya, pasal yang memastikan perlindungan bagi warga tak mampu untuk bersekolah, pengadaan infrastruktur pendidikan yang harus mengikuti standar mutu nasional, serta jaminan layanan sekolah bagi anak inklusif. (vil)

Related posts