Dongkrak Penjualan, PT TAM Siap Jadi Main Dealer

ToyotaJABARTODAY.COM – BANDUNG — Dalam beberapa bulan terakhir, kinerja bisnis otomotif mengalami kelesuan. Angka penjualan mobil selama hampir paruh pertama 2015 cenderung mengalami perlambatan jika perbandingannya dengan periode sama tahun lalu.

Karenanya, sabagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) ternama di tanah air, PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan berbagai upaya. Di antaranya menjalankan fungsinya sebagai main dealer dan distributor. Selama ini, adalah AUTO 2000 yang menjadi main dealer PT TAM.

“Wacananya seperti itu. PT TAM tidak hanya sebagai ATPM, tetapi main dealer sekaligus distributor,” tandas Koordinator Grup Astra Wilayaj Bandung, Risila Olii, di Astra Biz Center, Jalan Soekarnohatta Bandung, belum lama ini.

Dijelaskan, pada saatnya, peran main dealer Toyota, seperti AUTO 2000 berubah. Yaitu, ucapnya, menjadi koordinator dealer-dealer di daerah.

Menurutnya, langkah PT TAM adalah untuk memangkas birokrasi. Diumpamakan, sejah ini, untuk memenuhi pemesanan, pengajuan dari dealer kepada main dealer. Selanjutnya, maib dealer mengajukannya kepada PT TAM.

“Pengajuan itu ada pembahasan. Ini membuat birokrasinya lebih panjang dan lama. Harapannya, rencana PT TAM ini memperingkas birokrasi sehingga menunjang kinerja bisnis. Soalnya, jika rencana menjadi main dealer terwujud, dealer-dealer dapat mengajukan indent kepada PT TAM secara langsung,” paparnya.

Risila berpendapat, keberadaan PT TAM sebagai main dealer dan distributor tidak menjadi sebuah ancaman bagi AUTO 2000. Justru, Risila, hal tersebut dapat berefek positif, yaitu menjadi pendongkrak kinerja bisnis. (ADR)

Related posts