Wednesday , 11 December 2019
Home » Bandung Raya » Dishub Kota Bandung Kandangkan 12 Armada Bus Sekolah

Dishub Kota Bandung Kandangkan 12 Armada Bus Sekolah

JABARTODAY.COM – BANDUNG Sebanyak 12 bus sekolah milik Pemerintah Kota Bandung  dikandangkan. Dinas Perhubungan mengandangkan bus tersebut salah satunya untuk mencegah penghamburan anggaran operasisonal.

Hal tersebut dibenarkan Kepala BLUD UPT Pengelolaan Angkutan Dishub Kota Bandung Yudhiana.

“Sekarang bus tersebut kita kandangkan, agar tetap terawat saat akan di alih fungsikan,” jelas Yudhi, di Kantor Dishub Leuwi Panjang, Kota Bandung, Kamis (5/9).

Selama bus tersebut tidak digunakan, Dishub Kota Bandung tetap melakukan perawatan. Hal  tersebut agar saat digunakan pelayanan antar jemput tetap bisa maksimal.

“Kita berharap seluruh bus sudah harus siap ketika kembali menjalankan tugas dan fungsinya,” tukas Yudhi.

Menyoal bus sekolah yang mengalami pengurangan armada terkait suksesnya penerapan zonasi sekolah di Kota Bandung. Yudhi mengatakan, pelajar yang biasanya melakukan perjalanan jauh dan memakai bus sekolah, saat ini mereka cukup dengan berjalan kaki atau sepeda.

“Tapi masih ada siswa-siswa sekolah, khususnya swasta yang tidak menganut sistem zonasi sekolah, sehingga mereka masih menggunakan bus sekolah,” ujarnya.

Yudhiana menyebut, dari 24 armada bus sekolah,12 bus yang masih beroperasi saat ini melayani di beberapa titik lokasi seperti jalur Cibiru-Alun-alun, Leuwi Panjang-Dago, dan Antapani- Sukajadi.

“Jadi karena suksesnya sistem zonasi itu maka tersisa 12 bus saja yang masih dioperasikan,” sebut Yudhi.

Untuk 12 bus yang saat ini menganggur, kata Yudi, akan dialihfungsikan ke pelayanan lainnya agar kembali beroperasi.

“Kami sudah menyiapkan rencana lain biar bus kembali beroperasi lagi. Salah satunya bisa saja untuk angkutan mahasiswa, atau untuk warga Bandung yang mau bepergian jauh. Tapi ini masih kami kaji dulu,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga miliki rencana layanan angkutan untuk warga Kota Bandung termasuk kaum disabilitas.

“Kami sudah menggelar rapat dengan rekan-rekan rencananya akan meluncurkan bus khusus disabilitas,” pungkas Yudhi. (edi)