Saturday , 23 November 2019
Home » Ekonomi » Daya Saing Pengusaha Lokal Masih Lemah? Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Daya Saing Pengusaha Lokal Masih Lemah? Ini Bisa Jadi Penyebabnya

(jabartoday.com/net)

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Dalam era pasar bebas dan global, persaingan pun kian terbuka dan ketat. Otomatis, perlu adanya oemerkuatam daya saing, khususnya, bagi para pelaku usaha dan industri nasional.

Sayangnya, sejauh ini, pelaku usaha dan industri nasional, utamanya, lokal, masih belum cukup mumpuni untuk menjawab tantangan ketatnya persaingan, yang tidak hanya dalam hal produk, tetapi juga sumber daya manusia (SDM). “Dalam hal produk, jelas, saat ini, banyak produk impor yang membanjiri pasar lokal. Nah, dalam hal SDM, selama beberapa waktu terakhir, banyak pekerja dan para pengusaha asing semakin menyerbu pasar dalam negeri,” tandas Ketua Serikat Saudagar Bandung, Herdi Nur, Jumat (9/9).

Herdi berpendapat, ada beberapa hal yang menjadi faktor masih lemahnya daya saing pelaku usaha dan industri lokal, yang secara nasional, jumlahnya tumbuh menjadi 3,10 persen. Antara lain, ujarnya, akses permodalan, minimnya akses pasar, dan pemahaman, penguasaan, serta pemanfaataan teknologi.

Hal lainnya, sambung Herdi, tidak sedikit pelaku usaha dan industri yang pada akhirnya stop beraktivitas. Itu terjadi, jelasnya, terutama pada skala mikro dan kecil (MK). Situasi ini terjadi, katamya, karena tidak tertutup kemungkinan adanya persaingan kurang sehat antara pelaku usaha skala menengah-besar dan mikro-kecil.

Tentunya, tambah Herdi, pedagang dan pelaku usaha termasuk para pemodal asing memanfaatkan momentum tersebut untuk merambah pasar dalam negeri. “Ini membuat pelaku usaha dan industri lokal kian sulit. Bahkan, sangat mungkin, pelaku usaha dan industri lokal menjadi penonton, bukan sebagai aktor,” paparnya. (win)