Cisomang Bergeser, Penumpang Argopar Melejit

jabartoday.com/net

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Beberapa waktu lalu, Jempatan Cisomang yang menjadi salah satu bagian ruas Tol Cileunyi-Purwakarta-Padalarang (Cipularang), yang berlokasi di Kabupaten Purwakarta, mengalami pergeseran. Akibatnya, ruas tersebut hanya boleh dilalui kendaraan Golongan I.

Melihat kondisi itu, tentunya, masyarakat yang hendak bepergian dari Bandung ke Jakarta dan sebaliknya, memilih kereta api (KA) sebagai sarana transportasi alternatif. “Terjadinya pergeseran itu (Jembatan Cisomang.RED) membuat kami melakukan penambahan rangkaian perjalanan KA Argo Parahyangan sebanyak 6 rangkaian,” tandas Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 2 Bandung, M Ilud Siregar, di tempat kerjanya, Senin (26/12).

Ilud mengemukakan, penambahan rangkaian itu karena volume penumpang KA Argo Parahyangan mengalami kenaikan. Sebagai bukti, ungkap Ilud, untuk keberangkatan dari Stasiun Bandung ke Gambir pada 26 Desember 2016, okupansi penumpang mencapai 100 persen.

Diteruskan, dalam kondisi normal, pihaknya mengoperasikan 14 rangkaian KA Argo-Parahyangan reguler, yang menyediakan 6.840 tempat duduk setiap harinya. Seiring dengan penambahan rangkaian tersebut, lanjut Ilud, pihaknya menyediakan sebanyak 10.036 kursi. “Jumlah kursi yang tersedia dalam KA tambahan, rata-rata sekitar 500 kursi per rangkaian,” ucapnya.

Berkenaan dengan KA tambahan, Ilud menyatakan, penambahan itu terdiri atas KA Fakultatif dan KLB. “KA tambahan Fakultatif beroperasi 25 Desember 2016-1 Januari 2017. Jadwal keberangkatannya setiap hari, pukul 06.30 dan 11.00. Sedangkan KLB,, pengoperasiannya setiap pukul 20.55 pada Sabtu-Minggu dan 00.35 pada Sabtu-Minggu-Senin. Jumlah kursi yang kami sediakan, sebanyak 500 tempat duduk untuk setiap keberangkatan,” lanjut Ilud.

Sementara 2 KA tambahan lainnya, yaitu KA 31 dan KA 32, masing-masing bertolak dari Stasiun Bandung pada 07.35 setiap Senin-Jumat, serta dan 11.45 pada 30 Desember 2016. Ke-2 rangkaian itu, tambah Ilud, masing-masing menyediakan sebanyak 434 tempat duduk. (win)

Related posts