Tuesday , 7 April 2020
Home » Ekonomi » Bulan Depan, KA Bandung-Cianjur Beroperasi

Bulan Depan, KA Bandung-Cianjur Beroperasi

Ahmad Najib (erwin adriansyah)
Ahmad Najib
(erwin adriansyah)

JABARTODAY.COM – BANDUNG Masyarakat yang hendak bepergian ke wilayah barat, seperti Cianjur, jika tidak ada kendala dan perubahan rencana, mulai akhir Februari atau awal Maret tahun ini, memiliki banyak pilihan jasa angkutan. Pasalnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 2 siap mengoperasikan KA rute Bandung-Cianjur.

“Rencananya seperti itu. Akhir Februari, paling tidak, awal Maret 2015, kami mengoperasikan KA Perintis Bandung-Cianjur,” tandas Kepala PT KAI Daop 2 Bandung, Ahmad Najib Tawangalun, belum lama ini.

Diutarakan, rencana reaktivasi jalur Bandung-Cianjur tersebut bukan tanpa alasan. Dia berpendapat, salah satu dasarnya yaitu karena pasarnya memang terbuka. Tidak itu saja, apabila benar-benar kembali beroperasi, tentunya, kehadiran KA Perintis Bandung-Cianjur memberi opsi lebih banyak bagi masyarakat yang ingin bepergian dari Bandung ke Cianjur atau sebaliknya.

Mantan Kepala PT KAI Daop V Purwokerto ini meneruskan, agar terealisasi, hingga kini, pihaknya terus melakukan berbagai persiapan. Di antaranya, sebut dia, melakukan pengecekan jalur. Diungkapkan, selain jalur, pihaknya tinggal mematangkan kesiapan penggunaan jembatan di wilayah Ciranjang. “Mudah-mudahan, apa yang kami rencanakan dapat terealisasi,” cetus Najib.

Persiapan lainnya, tambah dia, pihaknya pun melakukan penertiban puluhan bangunan, baik yang bersifat liar atau yang digunakan sebagian masyarakat tanpa izin, di sekitar Stasiun Ciranjang. Disebutkan, di sekitar kawasan itu, setidaknya, terdapat sekitar 50 unit bangunan yang harus ditertibkan.

“Jika tidak berizin atau tidak memiliki kontrak dengan PT KAI, kami memberi waktu kepada mereka untuk mengosongkan atau membongkarnya. Jika tidak, secara terpaksa, kami yang melakukannya. Ini kami semua lakukan berdasarkan peraturan dan demi keamanan serta kenyamanan perjalanan kereta api,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Zunerfin, menambahkan, hadirnya KA Perintis Bandung-Cianjur juga dapat lebih memudahkan masyarakat yang ingin bepergian dari Bandung ke wilayah barat. “Masyarakat yang ingin ke Jakarta, tidak harus menggunakan jalur yang selama ini beroperasi, yaitu rute Argo Parahyangan. Masyarakat dapat menggunakan KA Perintis. Itu karena, setibanya di Cianjur, masyarakat dapat melanjutkan perjalanan menggunakan KA Siliwangi (Cianjur-Sukabumi) dan lanjut ke Jakarta,” urai Zunerfin. (ADR)