BI Repo Rate Tetap 4,75 Persen

jabartoday.com/net

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Berbagai upaya dilakukan Bank Indonesia (BI) demi menjaga stabilitas makroekonomi nasional. Selain itu, otoritas perbankan di tanah air ini pun berupaya menjaga stabilitas sistem keuangan melalui upaya mereka yang tetap mendorong kontinuitas proses pemulihan ekonomi nasional. Karenanya, melalui Rapat Dewan Gubernur BI yang berlangsung brberapa waktu lalu, lahir sebuah putusan.

Dalam keterangan resmi yamg diterbitkan Departemen Komunikasi BI, Rapat Dewan Gubernur BI memutuskan mempertahankan 7-day Reverse Repo Rate (BI 7-day RR Rate) tetap berada pada level 4,75 persen. Putusan yang berlaku efektif 21 April 2017 itu pun menetapkan suku bunga Deposit Facility berada pada angka 4,00 persen dan Lending Facility 5,50 persen.

Sejauh ini, otoritas perbankan Indonesia itu terus mewaspadai beragam risiko, baik global maupun dalam negeri. BI menilai, pada sisi global, ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian, khususnya, rencana The Fed alias Bank Sentral Amerika Serikat (AS) untuk menurunkan neracanya. Tidak itu saja, faktor geopolitik pun jangan terabaikan. Kendati begitu, kondisi global pun memiliki indikasi, prospek, dan potensi membaiknya ekonomi negara maju.

Begitu pula dengan kondisi dan perkembangan dalam negeri. Penilaian BI, ada beberapa hal domestik yang perlu mendapat perhatian. Di antaranya, efek penyesuaian administered prices terhadap inflasi. Selain itu, berlanjutnya konsolidasi korporasi dan perbankan yang menyebabkan belum optimalnya dampak stimulus perekonomian. (win)

 

Related posts