Belajar Mencintai Mesjid

  • Whatsapp
Masjid At-ta'awun Puncak, Bogor (http://infopuncak.blogspot.com)

(Pernik Ramadhan-2)

DIAN ONASIS
Penulis Non Fiksi dan Cerita Anak

Bila Ramadan tiba, maka suasana yang paling ramai, adalah Masjid. Karena hanya di bulan penuh berkah inilah, sholat Tarawih yang hanya ada selama Ramadan, berlangsung.

Keceriaan anak-anak mengikuti orang tuanya sholat berjamaah di masjid, menjadi warna dan nuansa tersendiri. Anak-anak pun ikut belajar mendekatkan diri pada masjid.

Meskipun demikian, tidaklah berarti, di luar bulan Ramadan, anak-anak jadi tak mengenal masjid. Sebagai orang tua, patut bagi kita untuk mengenalkan rumah Allah sejak dini pada anak-anak kita.

Berdasarkan pengalaman pribadiku, upaya mengenalkan masjid dapat dilakukan dengan berbagai cara. Dapat saja dilakukan ketika keluar kota, yakni dengan selalu berusaha sholat di masjid pada daerah yang dikunjungi.
Bahkan di dalam kota sendiri, kebiasaan mengunjungi masjid dapat dijadikan ajang karya wisata bagi keluarga. Misalnya dengan mengajak anak mengenal masjid Istiqlal di Jakarta, masjid Kubah Emas di Depok, masjid Muammar Qaddafy di Sentul, Bogor atau bahkan masjid At-taawun di Puncak, Bogor.
Dengan demikian, rasa cinta anak-anak pada masjid akan terus tumbuh dan terpupuk dengan baik. Tak sekedar mengunjungi masjid ketika sholat Jum’at ataupun ketika terawih di bulan Ramadan saja.

Bukankah, swalah satu ciri-ciri seseorang beriman, adalah terbiasa pergi ke masjid ? Sabda Rasulullah SAW: “Apabila kamu sekalian melihat seseorang biasa ke masjid, maka saksikanlah, bahwa ia benar-benar beriman”, (HR Tirmidzi).

Related posts