Bandung Surplus Hewan Kurban

Sapi dan kambing marak menjelang Idul Adha.
Sapi dan kambing marak menjelang Idul Adha.

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Kaum muslim yang berada di Kota Bandung tidak perlu khawatir terjadinya kurangnya ketersediaan hewan kurban, menjelang Idul Adha 2014. Pasalnya, ketersediaan hewan kurban, baik sapi maupun domba, tergolong aman, bahkan surplus.

“Berdasarkan data kelurahan se-Kota Bandung, kebutuhan jumlah hewan potong untuk kurban sebanyak 24 ribu ekor. Sedangkan yang kita pasarkan sebanyak 26 ribu ekor, jadi masih ada kelebihan,” tukas Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung, Elly Wasliah, di ruang kerjanya, Kamis (2/10/2014).

Apalagi, kata Elly, konsumen masih suka membeli hewan kurban di luar Kota Bandung, seperti Kabupaten Bandung, yang membuat permintaan hewan potong tidak terlalu tinggi. Elly berpendapat, setiap tahunnya, kebutuhan hewan kurban trennya selalu meningkat. Angkanya di 5-10%.

“Mungkin karena kesadaran masyarakat untuk kurban semakin baik. Ditambah, tingkat kesejahteraan masyarakat semakin meningkat, yang membuat permintaan hewan kurban tiap tahunnya bertambah,” ucap Elly.

Domba menjadi komoditas hewan kurban yang paling diburu warga Bandung. Berdasarkan data, diungkap Elly, penjualan domba di Idul Adha 2013 sebesar 18 ribu ekor. Lalu baru sapi dengan 6 ribu ekor. (VIL)

Related posts