Home » Ekonomi » Bandana Bandung Tembus Paman Sam

Bandana Bandung Tembus Paman Sam

jabartoday.com/erwin adriansyah
jabartoday.com/erwin adriansyah

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Ternyata, kualitas dan daya tarik serta daya saing produk asal Kota Bandung tidak kalah oleh komoditi buatan mancanegara. Buktinya, bandana produk CK Bandana, sebuah usaha kecil dan menengah (UKM) asli anak muda Kota Kembang sukses mengepakkan sayapnya, tidak hanya domestik, tetapi juga dunia.

Tidak tanggung-tanggung, pasar Negeri Paman Sam mereka tembus. “Alhamdulillah, produk kami sudah beredar di Amerika (Serikat),” tandas Baba Sang Legenda, owner CK Bandana, di Galeri CK Bandana, Jalan Suryalaya Tengah Bandung.

Diutarakan, beredarnya produk CK Bandana di negera adi daya itu sejak 2 tahun silam. Adalah motif Harley Davidson, ungkapnya, yang paling diminati pasar negeri Barrack Obama itu. “Pengirimannya 100 peaces per motif. Sedangkan motif Harley Davidson sekitar 6-7 motif,” seru Baba.

Soal Pekan Olah Raga Nasional (PON) XIX Jabar 2016, Baba mengatakan, pada dasarnya, pihaknya, yang berkembang pesat pasca menjadi debitur PT Bank Pembangunan Daerah Jabar-Banten Tbk alias bank bjb, ingin betpartisipasi pada even-even di Indonesia, termasuk PON.

Berkaitan dengan PON 2016, baba menuturkan, awalnya, pihaknya, yang pada 2014 mendapat kucuran kredit bank bjb Rp 500 juta, belumendapqt persetujuan PB PON XIX Jabar 2016 untuk memproduksi dan memperjualbelikan produknya ealau sudah direkomendasikan Walikota Bandung, Ridwan Kamil.

Akan tetapi, imbuh dia, setelah mengikuti Art & Craft, ceritanya berubah. PB PON XIX Jabar 2016, buh Baba, tertarik. Akhirnya, singkat Baba, pihaknya digandeng PB PON.

Berkaitan dengan PON Jabar 2016, sahut Baba, pihaknya membuat 5 motif. Sebanyak 3 di antaranya, seru dia, bermotif PON XIX Jabar 2016. Sedangkan 2 motif lainnya, lanjutnya, masing-masing motif panjat tebing dan batik.

Selama PON XIX, ungkapnya, pihaknya memproduksi 5 ribu peaces. Sejauh ini, tukasnya, terserap 50 persen. Bahkan, pihaknya menerima banyak pemesanan, tidak hanya kalangan atlet, tetapi juga umum. (ADR)