Saturday , 4 April 2020
Home » Ekonomi » Awal Desember, Kereta Bandara Beroperasi

Awal Desember, Kereta Bandara Beroperasi

(jabartoday.com/net)

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Setelah melalui berbagai tahap, akhirnya, publik dapat menikmati kehadiran Kereta Bandara Soekarno-hatta. Rencananya, kereta yang menghubungkan 5 Stasiun, yaitu Manggarai, Sudirman Baru, Duri, Batu Ceper, dan Bandara Soekarno-Hatta, itu beroperasi Jumat (1/12).

Pengerjaan proyek ini melibatkan sejumlah lembaga. Satu di antaranya, PT Len Industri (Persero). Melalui anak perusahaannya, PT Len Railway Systems, lembaga BUMN yang berkantor di Jalan Soekrnohatta Bandung ini menggarap sistem persinyalan kereta tersebut, baik desain sistem, integrasi, engineering, instalasi, tes, dan commissioning.

“Alhamdulillah, setelah melakukan uji coba, segala sesuatunya berjalan baik dan lancar,” tandas Direktur Utama PT Len Industri (Persero), Zakky Gamal Yasin, dalam keterangan resminya. Dikatakan, keteelibatan pihaknya dalam proyek ini yaitu dalam hal persinyalan meliputi Stasiun Batu Ceper-Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, yang berdasarkan kontrak, pengerjaannya sejak Februari 2016.

Bagi masyarakat, kereta ini menjadi pilihan moda transportasi untuk menjangkau Bandara Internasional Soekarno-Hatta, yang selama ini hanya bisa dijangkau oleh bus, taksi, dan mobil pribadi. Gamal meneruskan, kereta ini terdiri atas 10 trainset berkapasitas 33 ribu penumpang per hari. Setiap trainset, jelasnya, terdiri atas 6 rangkaian berkapasitas 272 orang penumpang.

Guna memastikan kelayakan dan kesiapannya, uji coba kereta itu pun bergulir. Bahkan, bersama beberapa petinggi lainnya, antara lain, Zakky Gamal Yasin selaku Dirut PT Len Industri (Persero), Dirut PT Railink Heru Kuswanto, dan Dirut PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero), Edi Sukmoro. Menteri BUMN, Rini Soemarno, pun turut dlhadir dalam uji coba itu.

Pada sisi lain, Zakky Gamal Yasin mengungkapkan, pihaknya pun menggarap sejumlah fasilitas operasional proyek-proyek urban transport berskema multiyears. Garapannya antara lain, LRT Palembang, yang menghubungkan Stadion Jakabaring-Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II. Kemudian, tambah Zakky Gamal, mengerjakan Commuter Lines yang menyambungkan Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek).

Berikutnya, imbuh dia, pengerjaan LRT yang menghubungkan Cawang-Cibubur, Cawang-Bekasi Timur, dan Cawang-Duku Atas. Selain iru, sabungnya, pihaknya pun menggarap LRT Jakarta Koridor I, menghubungkan Kelapa Gading-Velodrome. “Termasuk Sky Train atau Automatic People Mover System (APMS) Bandara Internasional Soekarno-Hatta, yang melayani perpindahan penumpang pada 3 terminal. (win)