Friday , 15 November 2019
Home » Ekonomi » Agar Kebutuhan  Tembakau Terpenuhi, Jabar Perlu Lakukan Ini

Agar Kebutuhan  Tembakau Terpenuhi, Jabar Perlu Lakukan Ini

(jabartoday.com/net)

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Ternyata, hingga kini, kebutuhan tembakau di tanah air, termasuk Jabar, tergolong tinggi. Perlu berbagai upaya agar kebutuhan tersebut terpenuhi. Namun, sangat tidak mudah melakukannya. Pasalnya, luas areal tembakau di Tatar Pasundan tergolong minim.

“Supaya kebutuhan tembakau terpenuhi, Jabar butuh areal baru, yang luasnya melebihi 65 ribu hektare (ha),” tandas Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Jabar, Suryana. Dijelaskan, perlunya lahan tembakau  baru yang luasnya melebihi 65 ribu ha itu demi memenuhi kebutuhan, yang volumenya 76-80 ribu ton per tahun.

Saat ini, ungkapnya, Jabar memiliki areal produksi tembakau yang minim. Luasnya, sebut dia, sekitar 9-12 ribu ha, yang tersebar pada 17 kota-kabupaten. Kapasitas produksinya, ucap dia, sekitar 16 ribu ton per tahun.

Di Tanah Pasundan, ungkapnya, terdapat 5 kota-kabupaten produsen tertinggi. Yaitu, lanjutnya, Kabupaten Garut, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Kuningan.

Akan tetapi, ujarnya, ada hal yang menjadi kendala berkaitan dengan keinginan menambah areal produksi tembakau. Diungkapkan, berdasarkan regulasi, luas lahan tembakau tidak boleh melampaui 12 ribu ha.

Kondisi itu, terangnya, membuat para petani tembakau menerapkan pola bergilir. Itu supaya, kata Suryana, luas areal lahan tidak melebihi 12 ribu ha. Padahal, seru Suryana, ranjau memiliki manfaat ekonomi yang cukup besar.

Sebagai contoh, tukasnya, satu di antara 5 jenis tembakau yang terdapat di Jabar, yang di Indonesia, terdapat 8 jenis tembakau, yakni, tembakau rajang jenis uteran Gunung Kencana Pangandaran, harga daun basahnya paling tinggi, yakni senilai Rp 30 ribu per kilogram. Tembakau itu, tambahnya, pun memiliki peminat yang tinggi, tidak hanya domestik, tetapi juga mancanegara, salah satunya Cina. (win)