48 Ribu Pemudik Bertolak dari Cicaheum

  • Whatsapp
terminal cicaheumJABARTODAY.COM – BANDUNG
Idul Fitri menjadi momen untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat. Karenanya, tidak heran, pada momen tersebut ada tradisi yang berlangsung sejak puluhan tahun silam,  yaitu mudik. Seperti tahun-tahun sebelumnya, mayoritas warga kota-kota besar, seperti Bandung, melakukan perjalanan mudik ke sejumlah titik di berbagai wilayah.
 
Pada momen Idul Fitri tahun ini pun terjadi hal yang sama. Salah satu indikator banyaknya warga yang mudik ke berbagai daerah tujuan terlihat pada volume penumpang Terminal Cicaheum. Menurut Kepala Terminal Cicaheum Abdul Haris, selama momen Lebaran kali ini, puluhan ribu pemudik bertolak dari terminal yang berlokasi di wilayah Bandung Timur tersebut.
 
“Data kami menunjukkan, sejak Senin (21/7/2014) atau H-7 sampai Lebaran hari ke-2, yaitu Selasa (29/7/2014), jumlah penumpang bus yang berangkat dari Terminal Cicaheum ke arah timur, sebanyak 48.545 orang,” ungkap Haris di Bandung, Kamis (31/7/2014).
 
Volume keberangkatan tertinggi, lanjut Haris, terjadi pada H-3 Idul Fitri 2014 atau Jumat (25/7). Pada saat itu, jumlah penumpang mencapai 8.242 orang.
 
Haris menjelaskan, volume penumpang keberangkatan tersebut lebih sedikit daripada kedatangan. Pada periode yang sama, yaitu H-7 sampai Idul Fitri hari ke-2, volume penumpang yang tiba di Terminal Cicaheum sebanyak 20.775 orang. (ADR)

Related posts