4.095 Mahasiswa Baru UIN SGD Ikuti Opak

  • Whatsapp

Rektor, “Mahasiswa Harus Kritis”

Rektor UIN SGD, Prof. Dr. Deddy Ismatullah, S.H., M.Hum.

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Sebanyak 4.095 mahasiswa baru Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung mengikuti Orientasi Pengenalan Akademik (Opak) 2012, di Kampus UIN SGD, Selasa – Kamis (28-30/8).

Rincian peserta Opak, dari Fakultas Ushuluddin sebanyak 252 orang, Tarbiyah dan Keguruan 852, Fakultas Syari’ah dan Hukum 666, Dakwah dan Komunikasi 614, serta Fakultas Adab dan Humaniora sebanyak 559 orang. Selanjutnya, Fakultas Psikologi sebanyak 164 orang, Fakultas Sains dan Teknologi 653, serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 4.095 orang.

Saat membuka Opak, Selasa (28/8), Rektor UIN SGD, Prof. Dr. Deddy Ismatullah, S.H., M.Hum., mengatakan, mahasiswa memiliki peran kompleks, yaitu sebagai  agent of social change, agent social control, dan iron stock.

“Mahasiswa harus kritis. Sikap kritis mahasiswa sering membuat perubahan besar dan membuat pemimpin yang tidak berkompeten gerah dan cemas,” kata Deddy.

Ketua Pelaksana Opak 2012, Hamdin Almurdani, menuturkan, Opak Universitas adalah ajang bagi mahasiswa baru untuk berkenalan dengan kampus yang didiaminya. (DEDE SUHERLAN)

Berita Terkait