Saturday , 28 March 2020
Home » Ekonomi » 101 SPBU Jadi Titik Pemasaran Pertalite

101 SPBU Jadi Titik Pemasaran Pertalite

jabartoday.com/net
jabartoday.com/net

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Mulai Jumat (24/7), publik di negara ini memiliki opsi baru untuk membeli bahan bakar minyak (BBM). Pasalnya, PT Pertamina, secara resmi, merilis dan memasarkan Pertalite. Dalam siaran pers-nya, PT Pertamina (Persero) melakukan uji pasar varian produk gasoline non subsidi terbarunya, Pertalite. Harga jual BBM jenis baru itu Rp 8.400 per liter.

Ada 101 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di 3 kota yang menjadi titik awal pemasaran BBM berkadar oktan lebih tinggi daripada Premium tersebut. Yaitu, Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Di Jakarta-Bandung, sebanyak 68 SPBU menjadi titik awal dan uji coba pemasaran Pertalite. Sedangkan di Surabaya, terdapat sekitar 33 SPBU.

Resminya pemasaran Pertalite dilakukan oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno, dan Menteri ESDM Sudirman Said, dan oleh Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto serta jajaran direksi PT Pertamina  di SPBU 31.102.02 Abdul Muis, Jakarta Pusat. Dwi Soetjipto mengutarakan, Pertalite adalah produk BBM baru yang PT Pertamina formulasikan bagi konsumen yang menghendaki bahan bakar berpembakaran lebih baik dan harga terjangkau.

Menurutnya, pihaknya terinspirasi oleh perkembangan teknologi kendaraan bermotor di Indonesia yang membutuhkan BBM berkadar lebih baik. Diutarakan, setelah melalui berbagai tahap pengujian teknis, termasuk perizinan pemerintah, pihaknya melakukan uji pasar. Tujuannya, terang dia, untuk mengetahui respons pasar dan konsumen di tanah air  berkenaan dengan hadirnya Pertalite. (ADR)