Home » Nasional » Hasil Uji Emisi Kementerian Lingkungan Hidup, New V-Ixion Paling Irit

Hasil Uji Emisi Kementerian Lingkungan Hidup, New V-Ixion Paling Irit

New Vixion BlackJABARTODAY.COM – JAKARTA

Iritnya New V-Ixion mendapatkan pengakuan dari pemerintah. Melalui Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), New V-Ixion dibuktikan paling irit diantara motor lainnya di kelasnya.

Setiap tahun Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) melakukan sampling uji emisi terhadap sepeda motor dan mobil yang dipasarkan. Di tahun ini dari hasil uji emisi dan konsumsi bahan bakar teranyar KLH, New V-Ixion lebih irit dibandingkan motor kompetitor di kelas yang sama. Dengan bahan bakar Pertamax Plus, konsumsi bahan bakar New V-Ixion 44.23 km/liter.

”Hasil positif ini sungguh menggembirakan dan makin menguatkan iritnya New V-Ixion berkat teknologi terdepan Yamaha Mixture-JET Fuel Injection (YMJet-FI). Dan sebagai motor sport paling laris di Indonesia, tentunya kian terpercaya bagi konsumen yang tidak salah pilih menggunakan V-Ixion,” papar Eko Prabowo, General Manager Promotion & Community Development Yamaha Indonesia.

V-Ixion terus bertahan sebagai Raja Motor Sport Indonesia. Di bulan November tahun ini, total penjualannya tertinggi, 45.652 unit. Jumlah itu menyumbang 88 % dari total penjualan segmen sport Yamaha di November 2013, sebanyak 51.860 unit. Selain V-Ixion, kontribusi lainnya dari Byson 5.809 unit dan Scorpio 399 unit.

 

V-Ixion pertama kali diluncurkan di 2007 dan menjadi motor injeksi pertama Yamaha Indonesia.Grafik penjualannya selalu naik sejak dirilis perdana di 2007 hingga November 2013 dimana totalnya mencapai lebih dari 1,5 juta unit.

 

Sejarah V-Ixion

 

Dalam perjalanannya, V-Ixion mengalami beberapa perubahan minor. Seperti yang menonjol di tahun 2011 dimana Yamaha mengeluarkan V-Ixion warna putih sesuai tren dengan desain terinspirasi R1 1000 cc. Warna putih tengah digemari tidak hanya di pasar Indonesia tapi juga Eropa. Pilihan warna yang menjadi tren global itu terbukti mendongkrak penjualan Yamaha.

 

Perubahan minor V-Ixion di tahun lalu itu kombinasi warnanya berbeda dengan warna lama. Perbedaannya terletak pada tangki, sayap atau cover radiator dan spakboard depan mengikuti warna dasar motor masing-masing yaitu putih, merah marun dan hitam. Perbedaan lainnya antara motor baru dan lama terlihat dari desain striping yang dibuat seperti efek asap. Striping baru itu terdapat pada tangki dan cover body belakang. Inspirasi efek ini didapatkan dari motor R1 1000 cc yang efeknya tampak pada bodi samping kanan dan kiri serta sedikit terlihat pada tangki motor.

 

Dan mulai pada perubahan di 2011 itu, V-Ixion sudah menggunakan automatic head light on yang otomatis menyala saat motor dihidupkan. Jadi tidak hanya di malam hari tapi di siang hari pun lampu motor menyala. Apa yang diterapkan Yamaha ini sesuai dengan Undang-Undang No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 107 dimana menyebutkan pengendara diwajibkan menyalakan lampu pada siang hari. Automatic head light on juga menggeser fungsi saklar motor yang sudah tidak diperlukan lagi.

 

Di 2010 penampilannya juga berubah lebih modern dan aerodinamis. Perubahan dilakukan pada delta box yang warnanya berubah menjadi hitam, desain striping juga berubah dan head lamp yang sebelumnya berbentuk bulat berganti lebih futuristik. Head lamp multi reflector V-Ixion tersebut tampak lebih modern dan gagah. Ada tiga pilihan warna yaitu Black Gold, Grey Blue dan Red Black.

 

Sampai akhirnya, Yamaha mengeluarkan V-Ixion baru (New V-Ixion Lightning) akhir Oktober 2012 dan diperkenalkan kepada publik untuk pertama kali di Jakarta Motorcycle Show (JMCS). Saat itu hadir Pebalap Yamaha MotoGP, Jorge Lorenzo, dalam prosesi launching. (*/rls)

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.