Home » Pilihan Redaksi » Gagasan Politik Surya Paloh Tertuang Dalam Buku

Gagasan Politik Surya Paloh Tertuang Dalam Buku

surya palohJABARTODAY.COM – BANDUNG

Gedung Indonesia Menggugat menjadi saksi sejarah awalnya politik gagasan Surya Paloh. Semuanya tertuang dalam catatan politik yang disusun Willy Aditya ke dalam sebuah buku yang berjudul ‘Indonesia di Jalan Restorasi Politik Gagasan Surya Paloh’ yang diluncurkan, Kamis (17/10).

Kehadiran buku setebal 188 halaman ini dapat membawa antitesa bagi kondisi kepemimpinan politik Indonesia yang tak mampu menempatkan diri mereka sebagai ideolog. “Buku ini merupakan rekam jejak pergulatan emosional dan intelektual yang dialami Bung Willy ketika bersama Surya Paloh. Jika diamati akhir-akhir ini, pertarungan ide, gagasan, dan makna yang ada di politik menjadi terpinggirkan,” ucap Peneliti Populis Institute, David Alka.

Menurut Surya, Indonesia memerlukan restorasi. Sebab bangsa sudah terdistorasi pada sistem ketatanegaraan. Indonesia pun kian jauh dari cita-cita Soekarno-Hatta. Bahkan, Pancasila seperti tak lagi dijunjung tinggi.

Kondisi itu dapat mengakibatkan Indonesia berada di jalur ideologi pragmatis, liberalistik, dan transisional. Dari aspek politik, perebutan kekuatan dengan cara apapun. Sehingga politik uang, suap, dan koalisi pun mewarnai kekuasaan.

Buku ini sendiri diluncurkan dan dibedah di Gedung Indonesia Menggugat dengan menghadirkan para pembicara seperti Budayawan Yasraf Amir Piliang, mantan Menteri Perekonomian Rizal Ramli, politisi Tjahjo Kumolo, dan pengamat politik Yudi Latief. (VIL)

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.