Home » Politik » Surya Paloh Miliki Energi Baru

Surya Paloh Miliki Energi Baru

Ketua Umum Partai Nasional Demokrat, Surya Paloh (putih). bertemu dengan para tetua adat Jawa Barat di Kantor DPP Nasdem, Jakarta, Senin (5/8). Dalam kesempatan tersebut, ia menyerukan kearifan lokal yang mulai luntur di masyarakat.

Ketua Umum Partai Nasional Demokrat, Surya Paloh (putih). bertemu dengan para tetua adat Jawa Barat di Kantor DPP Nasdem, Jakarta, Senin (5/8). Dalam kesempatan tersebut, ia menyerukan kearifan lokal yang mulai luntur di masyarakat.

JABARTODAY.COM – JAKARTA

Ketua Umum Partai Nasional Demokrat, Surya Paloh, merasa memiliki energi baru dalam hal ini usai disambangi Baresan Olot Tatar Sunda yang pernah mengukuhkan dirinya sebagai Dewan Pangaping.

”Tak terbilang harganya, saya dikunjungi para olot hari ini. Seperti ada enerji baru dalam kehidupan ini, dan saya amat mensyukuri hal ini,” ujar Surya di kantor DPP Partai Nasdem, Jalan Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (5/8).

Yang dimaksud energi baru itu, menurut Surya, adalah belajar kembali hidup selaras sesuai prinsip keseimbangan antara alam, manusia, tumbuh-tumbuhan, dan hewan, serta dengan Sang Pencipta. Kearifan lokal dari masyarakat adat adalah pola hidup orisinal. Diakuinya, dalam kehidupan kita saat ini, nilai luhur itu sudah langka dan memudar.

”Cara hidup warga adat bergotong royong, menyayangi alam, dan semacamnya yang dilakukan ratusan tahun lalu di negeri kita, bukanlah tiruan dari pola kehidupan masyarakat Eropa sana kan?” tanyanya yang diamini oleh para tetua adat yang diantar Eka Santosa, Ketua DPW Nasdem Jawa Barat.

Silaturahmi para warga adat Jabar diwakili Tetua Adat Geger Sunten, Cibodas, Kuta, dan Panjalu dari Kabupaten Ciamis; Tetua Adat Cikondang dari Kabupaten Bandung; Kampung Adat Sanaga dari Kabupaten Tasikmalaya; Tetua Adat Dukuh dari Kabupaten Garut; Tetua Adat Rancakalong dari Kabupaten Sumedang; dan Tetua Adat Sirna Resmi dari Kabupaten Sukabumi.

Dan dihadiri juga jajaran petinggi Partai Nasdem, seperti Jan Darmadi, Ketua Majelis Tinggi Partai Nasdem; Lestari Moerdijati, Majelis Tinggi Partai Nasdem; Patrice Rio Capella, Sekjen Partai Nasdem; Jeannette Sudjunadi, Ketua Badan Rescue Nasional Demokrat; Ferry Mursidan Baldan, Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Nasdem.

Diakhir pertemuan diperoleh kesepakatan antara Surya Paloh dengan para tamunya, berupa gugahan karya nyata bagi generasi muda. ”Penyebarluasan nilai kearifan lokal yang telah diakui dunia, harus digalakkan lagi,” kata Wa Ugis, Tetua Adat Sirna Resmi. (VIL)

Komentar

komentar