Home » Peristiwa » Tangkuban Parahu Kembali Meletus

Tangkuban Parahu Kembali Meletus

Tangkuban ParahuJABARTODAY.COM – BANDUNG

Gunung Tangkuban Parahu kembali memuntahkan phreatik kecil untuk ketiga kalinya dalam kurun waktu tiga hari terakhir ini. Pejabat Pelaksana Bidang Penyelidikan Pengamatan Gunung Api, Gede Suandika, mengatakan, gunung yang terkenal dengan kisah Sangkuriang ini, kembali meletus Senin (7/10), sekitar pukul 07.02.

“Letusannya lebih kecil dibanding kemarin. Berlangsung selama 16 menit. Sama seperti kemarin hanya di sekitar Kawah Ratu saja,” ujarnya saat dihubungi.

Untuk status gunung sendiri, seperti dikatakan Suandika, masih dalam tingkat waspada dan belum naik ke level yang lebih tinggi, meskipun sudah meletus sebanyak tiga kali. “Aktifitas masih terbilang fluktuatif. Namun letusan susulan masih sering terjadi. Status belum naik,” ungkapnya.

Pihaknya, disebut Suandikan, telah menerjunkan tim khusus untuk melakukan penelitian lebih intensif lagi guna mengukur deformasi kawah dan kandungan belerang dalam air kawah. “Karena letusannya juga mempengaruhi kawah-kawah yang lain yang ada di Tangkuban Parahu,” tandasnya. (VIL)

Komentar

komentar