Home » Pendidikan » Dukungan Industri Diperlukan SMK

Dukungan Industri Diperlukan SMK

Beberapa siswa SMK Negeri 10 Bandung sedang mengikuti kegiatan. (ISTIMEWA)

Beberapa siswa SMK Negeri 10 Bandung sedang mengikuti kegiatan. (ISTIMEWA)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Peran serta pelaku industri sangat dibutuhkan untuk meningkatkan minat siswa yang baru lulus Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Seperti diutarakan Kepala SMK Negeri 10 Bandung Ontahari, bahwa 51% dari lulusan SMP melanjutkan ke jenjang SMK, sisanya ke Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Untuk menciptakan Bandung Kota Sekolah Kejuruan diperlukan peran dari dunia industri. Diharapkan nantinya dapat meningkatkan minat siswa,” ujarnya saat ditemui di Balai Kota Bandung, Selasa (3/12).

Hal tersebut, menurut Ontahari, dapat menepis paradigma orang tua yang masih meragukan kualitas lulusan SMK untuk mendapat pekerjaan setelah lulus nanti. “Dengan terjalinnya kerjasama dengan pelaku industri, lulusan SMK tidak perlu pusing untuk mencari pekerjaan. Akan tetapi pekerjaan yang mencari mereka, namun dengan syarat kualitas,” tegasnya.

Ontahari berucap, SMK Negeri 10 Bandung sangat beruntung menjadi rujukan sekolah dengan prototipe yang sama, yakni kesenian dan karawitan. “Lulusan kita pun yang sudah sukses seperti Sule, Rina Nose, Nazar KDI, selalu memakai tenaga lulusan kami. Jadi terus berkembang dan menjadi rujukan. Diharapkan dengan dijadikannya kita sebagai rujukan dapat memotivasi sekolah yang lain untuk berprestasi,” tutup Ontahari. (VIL)

Komentar

komentar