Home » Headline » Profesi Guru, Dipuji, Dikritisi dan Dicaci

Profesi Guru, Dipuji, Dikritisi dan Dicaci

profesi guruRESENSI BUKU

Identitas Buku

Judul Buku: Profesi Guru, Dipuji, Dikritisi dan Dicaci

Penulis  : Momon Sudarma, S.Pd., M.Si.

Penerbit : Rajagrafindo Persada, Rajawali Press, Jakarta.

Tahun Terbit : Mei 2013

Tebal  : 310 Hal  +  x

 

Profesi guru di Indonesia sudah mengalami perubahan besar. Mulai dari hadirnya peraturan perundangan khusus mengenai pendidikan dan sertifikasi profesi, sampai pada peningkatan kesejahteraan. Melalui kebijakan itu, diharapkan akan meningkatkan kualitas profesionalisme guru dan juga pelayanan pendidikan di Indonesia, yang pada ujungnya meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di Indonesia.

Sayangnya, harapan serupa ini, tidak mulus.  Banyak hal yang masih perlu mendapat perhatian. Kesadaran hukum guru,  kedisiplinan guru dalam menjalankan profesi, serta perubahan mental profesi guru. Sehingga, dalam sejumlah  kasus, malahan guru mendapat kritikan dari berbagai pihak, sebagai organisasi profesi yang dimanjakan oleh negara, namun belum mampu menunjukkan prestasi dan kinerja yang baik.

Ulasan dan kajian mengenai masalah ini, sudah banyak dilakukan oleh para akademisi. Tetapi, curahan pemikiran, perasaan dan pengalaman langsung sebagai guru belum banyak dilakukan. Terlebih lagi lagi,ditulis langsung oleh guru yang merasakan langsung dinamika pendiidkan dan penguatan profesi ini. Buku ini,  merupakan kajian intensif yang memadukan antara pengalaman dan penalaran seorang profesional guru, yang berusaha mencurahkan dinamika profesi ini.

Fokus kajiannya, diarahkan untuk membangun kesadaran hukum dan kedisiplinan profesi guru.   Sebagai sebuah profesi guru, perlu melakukan perubahan nyata dalam mewibawakan profesinya. Dengan adanya perubahan nyata dalam bidang kesejahteraan dan perlindungan, guru memang masih menjadi salah satu pekerjaan yang dicari oleh masyarakat, tetapi bila dikaitkan dengan kinerjanya, profesi ini pun masih banyak menuai kritik. Melalui buku ini, disajikan, bahasan khusus yang menggugah kesadaran hukum guru, seperti persoalan beban mengajar, perlindungan hukum, dan kebebasan berfikir guru.

Di lihat dari wacana yang disajikannya, buku ini bermanfaat bagi kalangan pengambil keputusan bidang pendidikan, dan juga anggota profesi tenaga pendidik dan kependidikan itu sendiri. Tema dan kajiannya, dapat memberikan pencerahan bagi mahasiswa pendidikan, guru dan dosen, widyaiswara,  penyelenggara pendidikan,  serta praktisi pendidikan lainnya. (TIM PUSTAKA JABARTODAY.COM)

Komentar

komentar