Home » Bandung Raya » Dua WN India Divonis 13 Tahun Penjara

Dua WN India Divonis 13 Tahun Penjara

SidangJABARTODAY.COM – BANDUNG

Kembali warga negara asing diputus bersalah oleh pengadilan Indonesia dalam kepemilikan obat terlarang. Kali ini dua pria berkewarganegaraan India, Muhammad Ismail (48) dan Ramagados Agilan (48), divonis masing-masing dengan hukuman 13 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Bandung.

Dalam sidang yang digelar di Ruang VI PN Bandung, Selasa (18/3/2014), keduanya dianggap terbukti terlibat kasus penyelundupan sabu-sabu seberat 504 gram oleh hakim.

Hakim Ketua Marulak Purba dalam amar putusannya menyebut, kedua terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan telah melanggar Pasal 114 ayat 1 UU No 35/2009 tentang Narkotika.

Vonis ini lebih ringan dibanding tuntutan jaksa yang sebesar 15 tahun penjara. Atas putusan tersebut, baik jaksa maupun kedua terdakwa menyatakan pikir-pikir.

Kronologis kejadian, seperti dibacakan majelis hakim, pada 8 September 2013 dini hari, Muhammad Ismail dan Ramagados Agilan berangkat dari Kota Cenai India dengan membawa sabu-sabu yang disembunyikan di sol sandal yang mereka pakai.

Keduanya dari Kota Cenai naik kereta api menuju Kota Kamaraj. Dari sini kemudian naik pesawat menuju Kota Calccuta. Selanjutnya dari Calcutta naik pesawat menuju Ke New Delhi.

Dari New Delhi, mereka menumpang pesawat Silk Air kemudian transit di Singapura. Dari Singapura, keduanya meneruskan perjalanan ke Bandung dan tiba di Bandara Husein Sastranegara Bandung, pada hari Minggu 8 September 2013 pukul  15.45.

Saat tiba, petugas Bea Cukai dan Badan Narkotika Nasional yang curiga dengan gerak-gerik keduanya, langsung melakukan penggeledahan dan akhirnya ditemukan dua bungkus sabu-sabu di saku celana Muhammad Ismail, masing-masing seberat 2,3 dan 2,2 gram yang dibungkus plastik. “Dari hasil pemeriksaan terhadap terdakwa Ramagados Agilan kemudian ditemukan barang bukti sabu-sabu yang disembunyikan di sol sandal terdakwa, masing-masing di sandal kiri seberat 240 gram dan sandal kanan seberat 260 gram,” ujar Purba.

Penangkapan terhadap kedua warga negara India di Bandara Husein Sastranegara itu hanya berselang satu hari setelah penangkapan terhadap warga negara Indonesia berinisial ASI di tempat yang sama.

Ketika menangkap ASI, petugas menemukan barang bukti sabu-sabu seberat 2,9 kilogram. Barang haram itu disimpan dalam tiga bungkusan warna cokelat yang disembunyikan di dasar koper milik terdakwa. Belakangan diketahui, dua warga negara India itu satu jaringan dengan ASI. (VIL)

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.