Home » Bandung Raya » Tidak Berdinas Masuk Tempat Hiburan, Anggota Polisi Bisa Disanksi

Tidak Berdinas Masuk Tempat Hiburan, Anggota Polisi Bisa Disanksi

Polda_JabarJABARTODAY.COM – BANDUNG

Kepolisian Daerah Jawa Barat tidak sekedar memberikan rekomendasi pembatasan jam operasional tempat hiburan malam, namun juga menerapkan peraturan kepada jajarannya untuk tidak memasuki tempat tersebut, kecuali dalam keadaan bertugas.

“Menurut aturan kode etik profesi kepolisian, aturannya tidak boleh anggota masuk ke tempat hiburan, kecuali sedang tugas, itu pun jika memiliki surat tugas. Karena disiplin,” ujar Kepala Polda Jabar Inspektur Jenderal Mochamad Iriawan.

Bila ada anggota polisi yang kedapatan memasuki tempat hiburan tanpa memiliki surat tugas, sambung Iriawan, akan mendapatkan hukuman 21 hari kurungan penjara.

Menurutnya, anggota kepolisian yang memasuki tempat hiburan malam merupakan salah satu pelanggaran kode etik profesi kepolisian, dimana sanksi yang akan diberikan dapat berupa demosi (pemindahan tugas), penundaan kenaikan pangkat secara berkala hingga yang terberat yaitu hukuman penjara selama 21 hari.

Iriawan menyebut, instruksi itu telah disampaikan langsung kepada seluruh Kepala Kepolisian Resor di wilayah hukum Polda Jabar. “Sudah disampaikan. Kalau masyarakat umum masuk ga masalah, tapi kalo anggota sudah kena, karena ada kode etik disiplin tidak boleh mengunjungi tempat hiburan,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Polrestabes Bandung Komisaris Besar Mashudi telah melarang anggotanya untuk masuk ke tempat hiburan malam. Ia juga tidak segan-segan memberikan sanksi bila ada anggota yang masih melanggar. “Ini instruksi Kapolrestabes Bandung. Anggota polisi dilarang keras masuk tempat hiburan malam dan tempat prostitusi,” ucap Mashudi, beberapa waktu lalu. (VIL)

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.