Home » Headline » “Dokter Enggak Ada Gunanya Dipenjara”

“Dokter Enggak Ada Gunanya Dipenjara”

kompasiana.com

kompasiana.com

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Aksi dukungan terhadap Dr. Dewa Ayu Sasiary Prawani terus berdatangan. Setelah melakukan aksi solidaritas dengan melakukan aksi turun ke jalan, ratusan dokter di Kota Bandung mengadakan diskusi terbuka hukum kesehatan yang digelar di Auditorium Fakultas Kedokteran Unpad, Rabu (27/11).

Dalam seminar tersebut, para dokter yang mengenakan pita di dada kanan dan lengan kanan baju tampak antusias. Narasumber seminar tersebut adalah Direktur Utama RS Hasan Sadikin Bandung yang juga dokter spesialis kandungan, Bayu Wahyudi, Prof. Dr. Wila Chandrawila SH, dr. Rullyanto Wirahaddja MPH, dr. Yudi Yudi Mulyana Hidayat SpOG (K), dengan moderator Udin Sabarudin.

Dalam paparannya, Dr. Wila menyebut, kasus dimana dokter dipenjara lantaran melakukan praktek termasuk jarang di Indonesia. “Dokter enggak ada gunanya dipenjara. Kasus ini sangatlah langka dan sangat luar biasa,” ujarnya.

Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Katolik Parahyangan tersebut menceritakan pengalamannya saat menjalani profesi sebagai dokter di Belanda. “Di sana (Belanda) tidak mungkin ada upaya memenjarakan dokter. Di kita, masyarakat sangat ingin dokter dipenjara. Jangan kriminalisasi karena gak ada gunanya,” seru Wila.

Sementara itu, Bayu Wahyudi mengatakan, dalam kasus Dr Ayu ada tiga hal yang menjadi pembahasan dalam seminar, yaitu kesejahteraan, intropeksi bagi pelayanan kesehatan, dan diskusi membahas novum atau bukti baru yang dapat membantu Dr Ayu. “Sebagai intropeksi dan meningkatkan pelayanan kesehatan. Semoga ada hal yang bisa membantu Dr Ayu dalam seminar ini,” tutupnya.

Dr ayu bersama dr Hendry Simanjuntak, SpOG dan dr Hendy Siagian, SpOG. diduga melakukan malpraktek yang menyebabkan pasien Siska Makelty meninggal dunia. (VIL)

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.