Home » Headline » Makin Malam, Saksi Sidang Suap Bansos Makin Lupa

Makin Malam, Saksi Sidang Suap Bansos Makin Lupa

Dua hakim ad hoc tipikor Bandung, Jojo Joheri dan Ramlan Comel menjadi saksi dalam sidang suap hakim Setyabudi Tedjocahyono, Kamis (10/10).

Dua hakim ad hoc tipikor Bandung, Jojo Joheri dan Ramlan Comel menjadi saksi dalam sidang suap hakim Setyabudi Tedjocahyono, Kamis (10/10).

JABARTODAY.COM – BANDUNG Entah karena sudah malam atau saksi yang dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum di Komisi Pemberantasan Korupsi dalam sidang suap hakim Dana Bantuan Sosial Kota Bandung menjawab tidak tahu dan lupa, anggota majelis hakim Barita Lumban menasehati mereka dengan nada kesal.

Sebelumnya, saksi yang juga mantan Wakil Panitera Pengadilan Negeri Bandung, Rina Pertiwi, banyak menjawab dengan tidak pernah, tidak benar hingga lupa, yang juga membuat JPU tidak banyak bertanya. Bahkan, Setyabudi Tedjocahyono, yang menjadi terdakwa juga kesal dengan keterangan yang diberikan oleh Rina.

“Apa bu Rina ingat pernah menghadap saya di ruangan saya terkait penentuan majelis hakim sidang bansos?” tanya Setyabudi. “Tidak pernah,” tukas Rina.

Banyaknya jawaban tidak tahu membuat jaksa memberikan ancaman kepada Rina atas tindak pidana memberikan kesaksian palsu dalam persidangan, hanya saja Rina bergeming dengan hal tersebut.

Tak jauh beda dengan 2 saksi lainnya, Jojo Joheri dan Ramlan Comel, yang menyebut tidak kenal dengan Toto Hutagalung. Saat keduanya menjawab itu, tampak Toto tersenyum dan tertawa kecil. Ketika Hakim Ketua Nur Hakim bertanya apakah mereka pernah menerima uang dari Setyabudi, keduanya kompak menjawab tidak pernah.

Banyaknya jawaban tidak pernah dan tidak tahu, membuat Barita bertanya-tanya ada apa dengan para saksi yang hadir dalam sidang ini. Bahkan, Barita sempat membentuk “tanda tanya” di udara dengan jarinya, yang membuat pengunjung sidang tersenyum. Meski begitu, keduanya bergeming dan bertahan dengan jawaban mereka.

Sidang sendiri hingga pukul 19.30 masih belum berakhir sejak dimulai pukul 10.00. (VIL)

Komentar

komentar