Home » Hukum » Belum Akhir Tahun, Penyelundupan Narkoba Capai Ratusan Kasus

Belum Akhir Tahun, Penyelundupan Narkoba Capai Ratusan Kasus

narkobaJABARTODAY.COM – BANDUNG

Direktur Penyidikan dan Penindakan Bea dan Cukai Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Barat, Muhammad Sigit, percobaan penyelundupan narkotika melalui Bandara Husein Sastranegara mencapai 145 kasus hingga akhir Agustus 2013.

“Tahun lalu mencapai 132 kasus. Dan ini belum sampai akhir tahun. Jadi kita memandang penyelundupan narkotika tahun ini meningkat,” ujar Sigit dalam jumpa pers di Gedung Keuangan Negara, Rabu (11/9).

Menurut Sigit, yang terjadi di Jabar sendiri mengikuti tren nasional secara keseluruhan, yakni penyelundupan melalui jalur udara. Modus paling banyak yang dilakukan para pelaku, diutarakan Sigit, adalah menggunakan paket pos, selanjutnya dengan barang bawaan. “Kita telah menggagalkan penyelundupan narkotika sebanyak 418 ribu gram dengan nilai total 327 miliar rupiah,” ungkapnya.

Pelaku sendiri masih didominasi oleh pria dengan jumlah 119 orang dan wanita 39 orang. Fakta menarik, menurut Sigit, yakni meningkatnya jumlah warga negara India yang coba memasukkan barang haram itu ke tanah air. Diikuti WN Malaysia dengan 45 orang, lalu WN Hongkong dengan 35 orang.

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Jabar, Brigadir Jenderal (Pol) Anang Prananto, menambahkan, pihaknya akan menindak tegas siapapun yang berusaha mengedarkan narkotika dan obat-obatan terlarang ke Indonesia, khususnya Jabar. “Seluruh jaringan akan kami tindak, siapapun dan bagaimanapun,” tegasnya. (VIL)

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.